MATARAM - Aktivitas penerbangan di Lombok International Airport (LIA) masih berjalan normal. General Manager LIA I Gusti Ngurah Ardita mengatakan, belum ada pengaruh dari meletusnya Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali pada Selasa (21/11/2017) sore sekitar pukul 17.35 WITA.

"Sampai saat ini, tidak ada dampak terhadap penerbangan di LIA," ujar Ardita, Selasa (21/11/2017) malam. Kendati demikian, manajemen LIA tetap dalam siaga penuh dalam mengikuti perkembangan kondisi Gunung Agung. Selain itu, antisipasi terkait aktivitas Gunung Agung juga telah dilakukan di bandara kebanggaan masyarakat NTB sejak status "Awas" pada Oktober lalu. "Kami monitor perkembangan aktivitas Gunung Agung," lanjut Ardita.

Hal yang sama dikatakan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho. Sutopo menyampaikan, kondisi di Bali saat ini tetap aman. Sama halnya  dengan aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Ngurah Rai yang masih aman serta berjalan normal.

"Pariwisata di Bali juga masih aman, selain di radius berbahaya di sekitar Gunung Agung yang ditetapkan PVMBG yang memang tidak boleh ada aktivitas masyarakat," kata Sutopo.