BREAKINGNEWS.CO.ID-Tiga pertandingan sisa putaran kedua babak 16 besar Copa del Rey akan dilangsungkan Kamis (17/1/2019) malam atau Jumat (18/1) dini hari WIB nanti. Yakni, Real Sociedad vs Real Betis (01.30), Espanyol vs Villareal (02.30), dan Barcelona vs Levante (03.30).

Pemenang dari tiga laga di atas akan mengisi tiga slot tersisa babak perempat-final Piala Raja Spanyol ini, sementara lima tempat sudah diisi oleh Gerafe, Valencia, Real Madrid, Sevilla dan Girona.

Menarik mencemati laga antara Barcelona vs Levante, apalagi setelah kejutan yang dibuat Girona dengan menyingkirkan peringkat kedua La Liga Atletico Madrid. Setelah seri 1-1 pekan lalu di markas Girona, Atletico Madrid kembali bermain imbang 3-3 pada putaran kedua dini hari tadi di Wanda Metropolitano. Atletico Madrid tersisih karena dari agegat 4-4 iru mereka kalah gol tandang.

Dari laga Barcelona vs Levante, La Blaugrana secara mengejutkan harus menyerah 1-1 saat dijamu lawannya pada leg pertama pekan lalu. Sungguh pun Barca menurunkan sebagian besar pemain mudanya namun kekalahan dari Granota di leg pertama itu tetap mengejutkan. Tentu di putaran kedua ini manajer Ernesto Valverde tak lagi mengistirahatkan para pemain bintangnya, khususnya Lionel Messi dan Luis Suarez. Barcelona diyakini bisa bangkit untuk memenangkan pertandingannya di Camp Nou ini. Apalagi, Blaugrana bertekad untuk meraih treble musim ini: memenangi La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions.

Kendati demikian, Ernesto Valverde tetap harus mencermati fakta sejarah bahwa tidak pernah ada 20 tim di La Liga yang belum terkalahkan hingga akhir musim. Tahun lalu tim Ernesto Valverde sangat dekat dengan pencapaian itu. Namun, mereka terhenti oleh Levante dengan skor 5-4.

Dari head to head, empat pertandingan terakhir berturut-turut yang melibatkan kedua tim ini menghasilkan lebih dari 2,5 gol. Blaugrana memiliki rekor kemenangan 100% melawan Levante di Camp Nou. Barca telah mencetak 37 gol dalam sembilan pertandingan kandang terakhir mereka. Total 12 pertandingan head-to-head di Camp Nou memiliki skor gabungan 43-6, untuk keunggulan tim tuan rumah.

Ernesto Valverde diyakini akan menurunkan skuad terkuatnya untuk pertandingan ini. Mereka harus bisa membalikkan keadaan dan lolos ke babak selanjutnya. Barcelona akan mencoba mengendalikan pertandingan sejak kick-off. 
Dari 30 kali pertemuan kedua tim, Barcelona memenangkan 22 laga di antaranya, mencetak 94 gol, imbang empat kali. Levante hanya empat kali menang, mencetak 35 gol.
 
Lima laga terakhir Barcelona vs Levante
11-1-2019-Copa del Rey: Levante 2-1 Barcelona
17-12-2018-La Liga: Levante 0-5 Barcelona
14-5-2018-La Liga: Levante 5-4 Barcelona
7-1-2018-La Liga: Barcelona 3-0 Levante
7-2-2016-La Liga: Levante 0-2 Barcelona.