BREAKINGNEWS.CO.ID-Pengusaha Erick Thohir masuk dalam jajaran dewan direksi klub anggota League One, kasta ketiga di FA Inggris setelah Premier League dan Championship League. Namun, Etho, sapaan Erick Thohir, juga masih menjadi pemegang saham Inter Milan, anggota Serie A Liga Italia yang pamornya kembali menanjak.

"Saya masih belum sepenuhnya meninggalkan Inter Milan karena saya masih pemegang saham," demikian antara lain dikemukakan Etho dalam wawancara khususnya dengan sebuah media Inggris belum lama ini.

Media-media Inggris meramaikan masuknya Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) yang sukses menyelenggarakan Asian Games XXVIII/2018 itu ke dalam jajaran dewan direksi Oxford United Football Club (OUFC), yang kini berjuang di papan tengah League One.

Klub  juara League Cup 1986 itu disebutkan sudah sah diakuisisi oleh konsorsium pengusaha Indonesia dan Thailand. Etho mewakili konsorsium pengusaha Indonesia, dan disebut-sebut berkongsi dengan Anindya Novian Bakrie, putra sulung Aburizal Bakrie yang eksis di bisnis media.

Mitra Etho dan Anin Bakrie dalam mengakuisisi OUFC adalah pengusaha Thailand Sumrith "Tiger" Thanakarnjanasuth.

Berikut petikan tanya-jawab Etho dengan sebuah media Inggris:

"Bagaimana Anda akhirnya menjadi anggota dewan direktur di Oxford United? Apa tanggung jawab Anda sebagai anggota dewan?"

Etho: Tiger meminta saya ikut serta untuk mendukungnya di manajemen. Tentunya untuk berkontribusi mengembangkan masa depan Oxford FC.

"Apakah ini alasan di balik pengunduran diri Anda dari posisi presiden Inter Milan?"

Etho: Saya perlu fokus pada peran baru di Indonesia sebagai chairman tim kampanye kepresidenan Jokowi. Saya yakin Inter berada di tangan yang baik dengan Suning bergerak maju.

"Apa yang mendorong keputusan Anda untuk meninggalkan klub top seperti Inter untuk Oxford United FC?"

Etho: Seperti yang sampaikan sebelumnya, menjadi anggota dewan direksi di Oxford bukanlah alasan utama. Saya harus fokus pada peran saya di Indonesia. Saya juga belum sepenuhnya meninggalkan Inter karena saya masih pemegang saham.

"Bagaimana dengan berita tentang peran baru Anda sebagai ketua kampanye kepresidenan Jokowi?"

Etho: Peran sebagai chairman kampanye presiden masih menjadi fokus utama. Peran di Oxford United FC adalah untuk mendukung Tiger dan timnya di Oxford United FC, sama seperti saya mendukung Suning di Inter.

"Apa pendapat Anda tentang kinerja klub di Oxford United FC?"

Etho: Dengan kepemimpinan Tiger, saya yakin dia bisa membawa klub ke arah yang lebih baik.benar