BREAKINGNEWS.CO.ID - Sebanyak 16 Tim bersaing memperebutkan juara pada turnamen antar sekolah sepakbola (SSB) bertajuk Festival Sepakbola Anak-anak Garuda Anak Nusantara Biskuat Academy yang digelar di Stadion Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan,11-12 Januari 2020.

Ajang ini diselenggarakan oleh Biskuat yang merupakan produsen makanan bergizi untuk anak-anak. Biskuat memberi kepercayaan kepada Garuda Anak Nusantara (GAN) sebagai pelaksana event yang mengusung tag line "Kekuatan Yang Baik dari Dalam". Turnamen sepakbola Garuda Anak Nusantara Biskuat Academy tahun 2020 ini diikuti para pesepakbola usia dini U-10 dan U-12 dan Kota Jakarta menjadi lokasi penyelenggara babak final dari delapan kota se-Indonesia yang dipilih menggelar babak seleksi. Kedelapan kota tersebut adalah Medan, Palembang, DKI Jakarta, Surabaya, Malang, Jogjakarta, Bandung dan Bali.

Tujuan digelarnya turnamen antar SSB ini adalah untuk mencari bibit-bibit potensial dari cabang olahraga sepakbola yang akan dibina lebih lanjut yang mampu menjadi pesepakbola profesional dan berprestasi di masa mendatang.

Pendiri Garuda Anak Nusantara, Endra Gunawan bersama wakilnya Ainul Ridha menyatakan penyelenggaraan event ini adalah wujud konkret dari komitmen Garuda Anak Nusantara dalam pengembangan dan pembinaan sepakbola usia dini di Indonesia. 

"Garuda Anak Nusantara adalah kompetisi sepakbola usia dini yang sudah digelar sejak 2013. Kita fokus pada usia dini. Garuda Anak Nusantara Football Community setiap tahun rutin menggelar kompetisi di bawah 13 tahun," tutur Endra Gunawan.

Endra menjelaskan Garuda Anak Nusantara digelar dua kali dalam satu tahun. Pada semester pertama dikhususkan untuk usia genap yaitu U8, 10 dan U12. Kemudian pada semester kedua untuk usia ganjil yaitu U-9, 11 dan U-13.

Sementara itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mendukung penuh perhelatan Liga Sepakbola Usia Dini U-10 dan U-12 Garuda Anak Nusantara Biskuat Academy 2019 yang digelar di delapan kota di Indonesia. Kemenpora juga akan membuka kesempatan kepada pemain-pemain potensial dari Liga Garuda Anak Nusantara Biskuat Academy yang ingin masuk Sekolah Khusus Olahraga Ragunan yang dikelola Kemenpora. 

Berikut 16 Tim yang lolos dari zona masing-masing dan berlaga di partai puncak di Jakarta:

Jakarta: Kemayoran Prima 17 (U-10) dan Tajimalela (U-12).

Medan: Muda Sebaya Rambong Sialang (U-10), dan Sporting Klumpang Putra (U-12).

Palembang: Putra Koga Lampung (U-10) dan Medco (U-12).

Malang: Garuda Wisnu Bali (U-10), dan Agi Malang (U-12).

Surabaya: Juanda Merah (U-10), dan Isa Sidoarjo (U-12).

Bandung: Uni B Bandung (U-10), dan Setia Bandung (U-12).

Semarang: Remedial Wirosari Purwodadi (U-10), dan Bangunkerto Yogya (U-12).

Bali: Badak Putra Buduk (U-10), dan Anker Kediri Tabanan (U-12).

Enambelas tim dari setiap kategori usia akan bersaing menjadi kampiun pada kategori usia masing-masing. Selain mendapatkan piala, GAN dan Biskuat juga menyediakan hadiah untuk pemain terbaik, top skor, tim favorit, berupa uang pembinaan.