BREAKINGNEWS.CO.ID - Masyarakat Indonesia baik dari anak-anak hingga orang tua pasti sangat mengenal tarian Poco-Poco. Tarian tradisional yang terinspirasi dari lagu dengan judul yang sama ini selalu jadi pilihan saat melakukan gerakan senam.

Hari ini, Minggu (5/8/2018) yang juga bertepatan dengan car free day sejumlah masyarakat dari berbagai kalangan melakukan gerakan tari Poco-Poco. Tidak hanya puluhan atau ratusan orang saja, pantauan dari tim breakingnews.co.id ada puluhan ribu orang yang ikut serta.

Acara yang dilakukan sepanjang area Silang Monas Jakarta ini untuk memeriahkan sekaligus menyambut perhelatan pesta olahraga terbesar di Asia. Dimana untuk gelaran Asian Games ke-18 Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah, sekaligus perayaan HUT Republik Indonesia ke-73 yang jatuh pada 17 Agustus mendatang. Bahkan menurut salah satu panitia yang sempat ditemui di lokasi, acara ini tidak hanya berpusat di Monas saja, kawasan Jenderal Sudirman, Thamrin hingga Semanggi juga dipenuhi ribuan peserta tari Poco-Poco.

"Ini ada juga yang di luar monas mas, jadi bukan cuma di Monas doang. Ada di jalan Jenderal Sudirman, Thamrin sama Semanggi," kata salah satu panitia dengan menggunakan kaos hitam di Jakarta, Monas, Minggu (5/8/2018).

Tak hanya itu, tarian poco-poco yang diikuti oleh puluhan ribu masyarakat ini juga memecahkan Guinness World Records. Pemecahan rekor ini memiliki tujuan untuk memperkenalkan bahwa tarian Poco-Poco merupakan tradisi asli dari Indonesia.

Kegiatan yang dikoordinir oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Federasi Olahraga Kreasi Budaya Indonesia (FOKBI) dilakukan sejak pukul 04.00 hingga 08.00 WIB. Secara resmi ada sekitar 65 ribu orang tercatat mengikuti pemecahan rekor dunia ini. Diantaranya dari TNI, Polri, Kementerian/Lembaga, siswa SLTA se-DKI, Guru Olahraga se-DKI, SKPD DKI, Mahasiswa DKI, Dharma Wanita Persatuan, Formi DKI, Fitnes Center dan Sanggar Senam, perwakilan lintas agama, dan lingkungan RT/RW.

Acara tersebut juga turut dihadiri Presiden Joko Widodo yang didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta Wapres Jusuf Kalla serta istri, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan sejumlah menteri Kabinet Kerja serta beberapa kepala lembaga.

Pemecahan rekor dunia poco-poco ini merupakan inisiasi Ibu Negara Iriana Joko Widodo sebagai Pembina Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja. Di mana diharapkan dapat melestarikan budaya asli Indonesia dan meningkatkan industri pariwisata nasional, melalui olahraga rekreasi budaya yang kian berkembang di tengah masyarakat.

Diketahui setelah acara tersebut, Presiden Joko Widodo bertolak ke Senayan, Jakarta untuk peluncuran resmi logo HUT RI ke-73 dalam Konser Harmoni Indonesia 2018 yang akan digelar di Stadion Utama Glora Bung Karno, Jakarta.