BREAKINGNEWS.CO.ID-Sebanyak enam dari 10 pertandingan pekan ke-17 Ligue 1 Prancis, yang sedianya digelar Sabtu (8/12/2018) malam atau Minggu (9/12) dini hari WIB, terpaksa ditunda sebagai dampak dari ketidakstabilan keamanan nasional negeri Anggur tersebut setelah selama hampir sebulan diguncang aksi massa yang cenderung anarkis di sejumlah kota.

Aksi massa tersebut dilatarbelakangi oleh penerapan tambahan pajak bahan bakar minyak (BBM) yang mengakibatkan masyarakat harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk volume yang sama BBM yang mereka biasa dapatkan.

Enam pertandingan pekan ke-17 itu sedianya digelar pada akhir pekan ini hingga awal pekan depan. Pihak keamanan telah memperingatkan bahwa kondisi tidak memungkinkan untuk menggelar keenam pertandingan tersebut.

Keenam laga tersebut meliputi Paris Saint-Germain (PSG) vs Montpellier, AS Monacco vs Nice, Angers vs Bordeaux, Nimes vs Nantes, Toulouse vs Lyon, dan Saint-Etienne vs Marseille.

Penundaan laga PSG menjamu Montpellier sebenarnya patut disayangkan karena pertandingan tersebut sejatinya masuk kategori big-match, pertemuan peingkat teratas melawan peringkat ketiga klasemen sementara. Di sisi lain, PSG setelah ini langsung melawat ke markas Red Star Belgrade untuk menjalani laga menentukan di matchday-6 penyisihan Grup C Liga Champions 2018-2019.

PSG masih memimpin klasemen sementara kompetisi teratas dalam sistem sepak bola Prancis tersebut dengan nilai 44, diikuti Lille di peringkat kedua dengan koleksi 30 angka, dan Montpeliier 29.

Berikut jadwal empat pertandingan pekan ke-17 yang tetap digelar (dalam WIB):

Minggu, 9 Desember:

02:00   Guingamp vs Amiens

02:00   Stade Rennais vs Dijon

21:00   Strasbourg vs Caen

23:00   Lille vs Stade Reims.