BREAKINGNEWS.CO.ID-Piala Dunia 2018 telah tuntas. Prancis merengkuh gelar juara untuk kedua kalinya setelah Piala Dunia 1998 dengan mengalahkan Kroasia 4-2 pada laga final yang digelar di Luzhniki Stadium, Moskow, Minggu (15/7/2018) malam. Gol-gol kemenangan pasukan Didier Deschamps dicetak dari gol bunuh diri Mario Mandzukic menit ke-18, penalti Antoine Griezmann (38'), Paul Pogba menit (59'), dan Kylian Mbappe (65'). Sementara itu, dua gol Kroasia dicetak oleh Ivan Perisic di menit ke-28 dan Mario Mandzukic menit ke-69.

Prancis merayakan kemenangan di final Piala Dunia 2018 (Foto: Dok. fifa.com)

Yang menarik, jumlah enam gol pada laga pamungkas ini sama dengan final pada empat Piala Dunia sebelumnya (2002-2014). Itu artinya, final Piala Dunia menjadi laga yang seru untuk disaksikan. Adapun final Piala Dunia 2002 digelar di Korea Selatan dan Jepang mempertemukan Jerman kontra Brasil. Pada laga itu, Tim Samba keluar sebagai juara setelah menang dengan skor 2-0 berkat dua gol dari Ronaldo. Berselang empat tahun di Jerman. Piala Dunia 2016 jadi milik Italia. Saat itu, laga final hanya menghasilkan dua gol saja yaitu 1-1 hingga babak tamabahan waktu sebelum akhirnya, Italia menang via adu penalti.

Selanjutnya, pada final Piala Dunia 2010 hanya terjadi satu gol yang mana Spanyol menjadi juaranya. Kala itu, La Furia Roja mengalahkan Prancis melalui gol tunggal dari Andres Iniesta. Empat tahun berselang. Piala Dunia di Brasil mempertemukan antara Jerman menghadapi Argentina. Lagi-lagi gol yang tercipta hanya satu. Yaitu dari kaki Mario Gotze pad babak tambahan waktu yang menjadikan Jerman sebagai juara Piala Dunia 2014.

Adapun final dengan banyak gol terjadi pada final Piala Dunia 1930 (Piala Dunia pertama), pemenangnya adalah Urugay. Bermain di kandang sendiri, Uruguay berhasil menjadi yang terbaik setelah mengalahkan Argentina di partai final dengan skor 4-2. Setelah itu, enam gol kembali tercipta pada final Piala Dunia 1938, 1966.

Selebrasi Antoine Griezmann setelah mencetak gol (Foto: Dok. fifa.com)

Di sisi lain, final Piala Dunia yang paling banyak menciptkan gol yaitu terjadi pada Piala Dunia 1958 di Swedia. Kala itu yang keluar sebagai juaranya adalah Brasil yang diperkuat Pele dengan mengalahkan tuan rumah 5-2.