BREAKINGNEWS.CO.ID -Hasil Pilkada serentak 2018 versi hitung cepat memposisikan Golkar sebagai salah satu partai dengan kemenangan suara terbanyak dalam mengusung pasangan calon. Hasil ini menjadi modal Golkar menghadapi Pemilu Legislatif serta Pemilu Presiden 2019. 

Pengamat komunikasi politik Emrus Sihombing mengatakan, hasil Pilkada 2018 membuktikan bahwa kinerja mesin Golkar di bawah pimpinan Airlangga Hartarto berjalan dan berada di jalur yang benar. Sebab, kemenangan diraih berkat kader Golkar yang notabene maju menjadi calon kepala daerah.

Emrus lantas mengumpakan Golkar dengan istilah gadis cantik yang siap dipinang. "Dari hasil pilkada, Golkar seperti menampakan politiknya yang semakin menguat,” tulis Emrus dalam keterangannya tertulisnya Breakingnews.co.id, Minggu (1/7/2018).

Keberhasilan Golkar, dijelaskan Emrus akan berdampak positif bagi masyarakat di daerah yang menggelar pilkada. Partai Beringin dianggapnya mampu meracik duet jagoan yang diusung ke pilkada. 

“Bisa dikatakan kemenangan Golkar di pilkada kali ini adalah keberhasilan Airlangga Hartarto dan jajaran pengurus DPP Partai Golkar,” ujarnya.

Atas hasil ini pula posisi tawar dalam isu cawapres untuk Joko Widodo di Pilpres 2019, Golkar memilki daya tawar. Keberhasilan di Pilkada 2018 tentunya tak bisa menjadi faktor yang diremehkan.

Emrus beralasan untuk bisa menawarkan kadernya seperti Ketua Umum Airlangga Hartarto sebagai bakal cawapres, posisi Golkar pun punya peluang terbuka. Meskipun isu cawapres Jokowi sejauh ini masih dibahas dalam partai koalisi.

“Partai Golkar memiliki basis kekuatan massa yang besar. Ini terlihat kemenangan Pilkada 2018. Karena itu, bisa saja Jokowi meminang (Golkar) sebagai cawapresnya," ujar Emrus.

Merujuk hasil quick count pada Pilkada Serentak 2018, Golkar memenangkan 9 dari 17 pilkada di tingkat provinsi. Angka kemenangan pilkada tingkat provinsi ini yaitu 52,94 persen. Kemudian, 22 kemenangan dari 39 pemilihan walikota atau 56,41 persen. Lalu, 48 kemenangan dari 115 pemilihan bupati atau sama dengan 41,74.