LONDON--Antonio Conte mungkin menjadi salah satu orang yang sulit untuk memejamkan matanya secara nyaman di Sabtu (12/8) malam.  Khususnya setelah timnya, Chelsea, dipermalukan 2-3 oleh Burnley, tim yang sebelumnya mungkin dipandang sebelah mata oleh lebih dari 41.000 pendukung fanatik mereka di Stamford Bridge, London, malam tadi. Kenyataannya, mereka justru yang "termehek-mehek" karena di luar dugaan tertinggal 0-3 hingga sebelum Alvaro Morata dan David Luiz membuat dua gol untuk memperkecil kekalahan di menit ke-69 dan 88.

Kekalahan dari Burnley di laga perdana Premier League 2017/2018 ini, yang juga diwarnai kartu merah untuk Garry Cahill,  tentu saja jauh dari bayangan Conte, manajemen maupun fans The Blues di Stamford Bridge. Tetapi, itulah yang terjadi. Conte patut menyesali kegagalan ini, karena sekaligus menjadi kekalahan ke-4 Chelsea secara beruntun dalam tiga pekan terakhir.

Chelsea sebelumnya dipermalukan Bayern Muenchen dan Inter Milan di dua laga International Champions Cup (ICC) 2017 di Singapura. Pulang ke Inggris, mereka dihajar Arenal 2-5 di Community Shield, Minggu (6/8) malam lalu di Wembley, London, melalui adu eksekusi penalti setelah pada pertandingan normal 2x45 menit kedudukan imbang 1-1.

Belum sepekan berlalu, Sabtu malam tadi, Conte mendapatkan satu pukulan telak lagi: kekalahan 2-3 dari Burnley di laga pembuka musim kompetisi 2017/2018.

Rangkaian penampilan buruk Chelsea ini agaknya tak terlepas dari interaksi yang tengah terjadi di klub juara bertahan Premier League tersebut. Conte sudah cukup lama merasakan perlunya penyegaran di timnya, teristimewa masih perlunya tambahan beberapa pemain baru. Paling tidak masih ada tiga pemain baru yang diincar Conte sebelum jendera transfer ditutup akhir bulan ini.

Selain terus mencoba memperkuat lini tengahnya, Conte menginginkan setidaknya satu pemain sayap belakang baru dan satu pemain depan. Untuk itu, Chelsea sudah lama mempertimbangkan tawaran untuk bek tengah Virgil van Dijk, yang telah meminta untuk meninggalkan Southampton.

Chelsea juga akan melakukan tawaran kedua untuk gelandang Leicester City, Danny Drinkwater, dalam minggu depan karena mereka berusaha membuat setidaknya tiga pemain baru sebelum jendela transfer ditutup.

Terkait Danny Drinkwater, Leicester sebelumnya sudah menolak satu tawaran dari Chelsea sekitar £ 15 juta untuk Drinkwater musim panas ini. Chelsea mempersiapkan tawaran kedua yang kemungkinan bernilai lebih dari £ 25 juta untuk pemain berusia 27 tahun itu.

Drinkwater tertarik untuk pindah ke Chelsea, meskipun ia mungkin menemukan dirinya berada di belakang N'Golo Kante, Tiemoue Bakayoko dan Cesc Fabregas. Tapi, Leicester bisa memasang pertarungan untuk Drinkwater, sebagaimana mereka menerima £ 40m diterima dari Manchester United untuk Nemanja Matic.

 

Selain memberi opsi pada Conte lebih banyak, Drinkwater akan meningkatkan kuota Chelsea yang telah dikurangi dengan kepergian John Terry, Asmir Begovic dan beberapa pemain muda lainnya. Gelandang Everton, Ross Barkley, dan Alex Oxlade-Chamberlain dari Arsenal juga menjadi sasaran.

Tawaran kedua untuk Drinkwater tidak berarti Chelsea juga tidak akan mencoba menambahkan Barkley, atau Oxlade-Chamberlain ke skuad mereka sebelum jendela transfer ditutup. Conte tidak merahasiakan fakta bahwa menurutnya skuad Chelsea saat ini terlalu kurus untuk mengatasi tuntutan Liga Primer dan Liga Champions.

Disamping itu, The Blues  juga telah menyatakan ketertarikannya pada bek kanan Joao Cancelo dan Serge Aurier, yang diperkirakan akan meninggalkan Valencia dan Paris Saint-Germain. Namun, sejauh ini Juventus tetap teguh dalam tekad untuk mempertahankan bek kiri Alex Sandro, meski Chelsea mengungkapkan kemauannya untuk membayar £ 60 juta untuk pemain Brasil tersebut.

Chelsea siap untuk pindah ke Danny Rose jika Tottenham menunjukkan kesediaan untuk menjual, namun tetap tidak mungkin pemain internasional Inggris itu akan dijual bulan ini meski mengkritik struktur dan pendekatan klub terhadap pasar transfer.