BREAKINGNEWS.CO.ID - PSM Makassar memastikan tempat di babak 16 besar Piala Indonesia 2018/2019. Hasil itu didapat setelah mengalahkan Kalteng Putra dalam dua kali pertemuan babak 32 besar. Jilid pertama, Juku Eja menang dengan skor 2-1 di kandang Kalteng Putra.

Sementara pada pertemuan kedua, di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, Minggu (3/2/2019), PSM menang 1-0. Alhasil, PSM melaju ke babak 16 besar dengan keunggulan agregat 3-1.

Pada laga ini, Gol tunggal kemenangan Juku Eja tercipta pada menit ke-68 melalui aksi mantan striker Real Madrid Castilla, Eero Markkanen. Aksinya membuat kiper Kalteng Putra, Dimas Galih bertekuk lutut.

Sejatinya, pertandingan berjalan dengan tempo sedang, tetapi cenderung keras pada babak pertama. PSM dan Kalteng Putra langsung menurunkan skuat terbaiknya sejak awal. Pada babak pertama, duel lebih banyak terjadi di lapangan tengah sehingga tidak ada gol yang tercipta.

Usai turun minum, tempo permainan masih tak berubah. Kalteng Putra semakin berani bermain terbuka demi mencetak gol pembuka pada pertandingan ini. Publik tuan rumah akhirnya bisa bersorak gembira pada menit 68. Umpan silang dari Taufik Hidayat disambar dengan sundulan oleh Eero Markkanen yang membuat bola meluncur deras ke dalam gawang tim tamu. Ini adalah gol pertama Eero untuk PSM di kompetisi resmi.

Pada sisa waktu yang ada jual beli serangan terus terjadi. Akan tetapi, tidak ada gol yang tercipta dari sejumlah peluang yang ada hingga 90 menit waktu pertandingan usai. Kemenangan tersebut membuat PSM menyusul jejak Persija Jakarta, PSS Sleman, Bhayangkara FC, dan Bali United yang telah memastikan tiket ke babak 16 besar Piala Indonesia.

Susunan Pemain

PSM Makassar: Hilman Syah; Taufik Hidayat, Abdul Rahman, Aaron Evans, Beny Wahyudi, Marc Klok, Wiljam Pluim, Rizky Pellu, Zulham Zamrun, Erro Markanen, Guy Junior

Pelatih: Imran Amirullah

Kalteng Putra: Dimas Galih; Indra Permana, OK John, Wasyat Hasbullah, Fajar Handika, Gede Sukadana, Micheal Rumere, Rizki Dwi, Antoni Putro, Elthon Maran, Patrich Wanggai

Pelatih: Gomes de Oliveira