BREAKINGNEWS.CO.ID - Stadion Energa, Gdansk, Senin (10/9/2018) dini hari WIB jadi saksi untuk Egy Maulana Vikri. Bintang Timnas Indonesia U-19 itu akhirnya mencatatkan debutnya bersama tim utama Lechia Gdanks pada laga uji coba internasional melawan klub Ukraina, Karpaty Lviv. Egy tampil sebagai starter dengan mengenakkan jersey nomor punggung 10. Pemain jebolan Sekolah Khusus Olahragawan (SKO), Ragunan, Jakarta, itu bermain selama 60 menit sebelum diganti oleh Przemyslaw Macierzynski.

Egy sejatinya telah resmi dikontrak Lechia Gdansk pada Juli 2018. Akan tetapi, pelatih Piotr Sokowiec masih berhati-hati untuk memainkan Egy di tim utama. Sebab, Egy saat ini masih berusia 18 tahun, yang jelas jauh berbeda dengan tim utama dan ketatnya laga di Liga utama Polandia. Alhasil, selama dua bulan, Egy pun bermain untuk tim muda Lechia Gdanks yang berkompetisi di kasta keempat Liga Polandia.

Menjalani debut di tim utama, diakui Egy kurang baik. Ia masih membutuhkan adaptasi. Ada rasa gugup yang hinggap saat bermain di laga debut. "Tentu ada perbedaan antara bermain di tim pelapis Lechia yang berada di divisi empat dan bermain di tim utama dalam uji tanding internasional. Ini adalah penampilan pertama saya di Stadion Energa Gdansk, yang dihadiri banyak fan. Ini adalah pertandingan pertama di tim utama dan seperti yang anda lihat, saya merasa grogi.," ucap Egy dilansir Gol24.

Meskipun demikian, Egy menegaskan tak mau menyerah. Dia berusaha keras untuk mendapatkan kepercayaan pelatih Piotr Stokowiec. "Saya ingin belajar dan belajar terus dari pertandingan semacam ini, yang berguna (bagi saya) di masa depan. Saya harus bisa menjalaninya dengan tenang. Mengimplementasikan langkah demi langkah. Saya perlu belajar karena saya masih muda. Dari tim ini saya harus belajar," terang Egy.

Sementara itu, pada laga uji coba tersebut, Lechia Gdanks harus mengakui keunggulan tim tamu, mereka kalah 0-1. Gol kemenangan Karpaty Lviv dicetak oleh Cristian Ponde lewat titik putih pada menit 23.