BREAKINGNEWS.CO.ID – DVD Film animasi keluarga yang sarat berisi pesan kebhinnekaan Indonesia resmi diluncurkan.  Muncul dalam bentuk DVD yang terdiri dari tujuh episode berjudul “The Best of Keluarga Somat”, berisi tujuh episode dari Keluarga Somat yang sudah lebih dahulu tayang di televisi.

“Keluarga Somat itu mencerminkan kebhinekaan. Jadi ini yang kita ambil untuk mendidik anak-anak, supaya mereka dapat belajar perilaku keluarga tersebut sehari-hari,” jelas Rino Hadisa perwakilan dari Formula Pictures dalam konferensi pers peluncuran “Keluarga Somat” DVD untuk Keluarga di CFC Bangka, Jakarta Selatan, Rabu (12/9/2018).

Sedangkan Hengky, Direktur Utama CFC Indonesia mengatakan,” Kami ingin mengapresiasi hasil karya anak bangsa. Sehingga kami sepakat untuk melaunching DVD ini,” kata Hengky yang ditemui usai acara.

Pengamat anak Seto Muljadi sekaligus perwakilan dari Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) menjelaskan bahwa DVD Keluarga Somad ini bisa membantu tumbuh kembang anak-anak yang memang belajar dan mendapat pendidikan dari lingkungan sehari-hari. “Kami memberikan apresiasi dari diterbitkannya DVD ini. Untuk memberikan lingkungan yang kondusif bagi anak,” jelasnya.

Senada dengan Kak Seto, Yan Wijaya selaku Pengamat Film sangat yakin kalau cerita dari Keluarga Somat ini mampu bersaing dengan Upin dan Ipin yang juga tontonan edukasi anak asal Malaysia.

“Selama ini anak-anak sangat mengenal Upin dan Ipin asal Malaysia. Tapi keluarga Somat ini mampu menyaingi. Dan mudah-mudahan diperpanjang lagi episode yang baru,” harapnya.

Film animasi ini mengangkat kisah realitas keseharian hidup keluarga Pak Somat beserta istri, Bu lnah dan kedua anaknya, Dudung dan Ninung. Film Keluarga Somat juga dihadirkan sebagai sebuah keluarga yang mengedepankan sikap demokratis, keterbukaan dan menghargai perbedaan yang ditunjukkan melalui tokoh-tokoh Iain dengan latar belakang kultur yang berbeda.

Selain memiliki alur cerita yang mudah dicerna, sarat dengan pesan moral tentang nilai demokrasi serta Bhinneka Tunggal lka. Banyak sisi humanis dan karakternya begitu dekat dengan keseharian kita dan dikemas secara ringan dan kocak.

Berbagai keberhasilan telah diperoleh Film Animasi Keluarga Somat, antara lain Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) kategori Program Animasi Terbaik dan Animasi Anak. Bahkan rating share Film Keluarga Somat berhasil menggusur rating Film Animasi Import. Prestasi yang cukup membanggakan insan perfilman Indonesia.