BREAKINGNEWS.CO.ID – Hubungan Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) yang semakin mesra dalam satu tahun terakhir ini membuat duo Korea sangat percaya diri untuk mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas pada tahun 2032 mendatang.

Apabila kedua negara itu nantinya mencalonkan diri, maka duo Korea akan menjadi saingan Indonesia dalam memperebutkan hak penyelenggaraan pesta akbar olahraga dunia tersebut . Dalam KTT antar-Korea di Pyongyang yang diselenggarakan awal pekan ini, Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in serta Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un sepakat untuk berperan serta bersama dalam Olimpiade Musim Panas di Tokyo, Jepang pada 2020 mendatang serta bekerja sama mengajukan tawaran untuk menjadi tuan rumah Olimpiade pada tahun 2032 mendatang.

Setelah hubungan kedua negara menghangat pada awal tahun ini, Korea Selatan serta Korea Utara tampil bersama dan menerjunkan tim gabungan dalam perhelatan Olimpiade Musim Dingin yang diselenggarakan di Pyeongchang pada Februari 2018 lalu. Kedua Korea kembali tampil dalam satu kontingen pada pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta serta Palembang, bahkan juga tim gabungan yang mereka turunkan di beberapa cabang olahraga mampu mendapatkan medali.

“Saya pikir ada peningkatan keinginan untuk mempromosikan, mendorong rasa persatuan antara rakyat dua negara, kedua pemimpin, Presiden Moon serta Ketua Kim ingin melanjutkan partisipasi bersama di event-event olahraga internasional mendatang,” kata Duta Besar Kim Chang-beom kepada wartawan dalam sebuah wawancara di Jakarta, Jumat (21/9/2018).

Dubes Kim menuturkan, kedua pemimpin sepakat untuk kembali tampil bersama di upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 dan mencalonkan diri sebagai tuan rumah bersama Olimpiade 2032. Menurutnya, ide itu merupakan perkembangan terbaru dari hubungan kedua Korea.

Apabila nantinya kedua negara itu jadi mencalonkan diri untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, mereka akan bersaing dengan Indonesia yang sudah menyampaikan niatannya pada penghujung Asian Games 2018 lalu. Slot tuan rumah untuk penyelenggaraan Olimpiade 2032 memang diperuntukkan bagi negara-negara Asia.