JAKARTA - Sebanyak 18 atlet mengikuti TC (Training Camp) di Bulgaria dan Italia guna persiapan Asian Gemes Jakarta dan Palembang 18 Agustus-2 September 2018.

Manajer Timnas Gulat, Gusti Randa mengungkapkan, para atlet nantinya akan mendapat kesempatan untuk mengasah kemampuan taktik dan strategi bertanding, setelah sekian lama mereka menjalani latihan di Bandung, Jawa Barat. Diharapkan, para atlet tersebut bisa benar-benar serius untuk memanfaatkan kesempatan tersebut guna meraih hasil maksimal di pesta olahraga bangsa-bangsa se-Asia nantinya.

"Karena mereka memang benar-benar didukung oleh PGSI. Kami pun telah berkordinasi dengan Federasi Gulat Bulgaria guna menenuhi keperluat atlet selama 80 hari di sana," kata Gusti Randa saat acara pelepasan Timnas Gulat Pelatnas Asian Games ke Bulgaria di Hotel Ibis Bandara Soekarno - Hatta, Banten, Sabtu (21/4/2018).

"Selain itu, Akomodasi, penginapan, tempat latihan, tempat gym, sudah diatur sedemikian ruma oleh Federasi Bulgaria. Bahkan, ketua PP PGSI (Tridedya Panjaitan) katakan ke saya, kalau ada kesempatan untuk uji tandingan dengan siapapun, silahkan dilakukan", ujarnya, menambahkan.

Gusti Randa menambahkan, pemilhan Bulgaria terbilang sudah tepat untuk menempa kemampuan para atlet. Sebab, Bulgaria merupakan salah satu negara yang menjadi kiblat olahraga gulat. "Selain itu, di saat yang bersamaan, ada Jerman, Aljazair dan Rumania yang berlatih di sana. Jadi, kita bisa memanfaatkan peluan itu," ujar Gusti Randa.

Setelah berlatih di Bulgaria, lanjut Gusti Randa, para atlet akan mengikuti beberapa turnamen di Sassari, Italia. Untuk di sana, kemungkinan ada beberapa negara dari Asia yang tampil. Jadi, sekaligus kita bisa memetakan kekuatan lawan nanti di Asian Games", pungkasnya.