BREAKINGNEWS.CO.ID- Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo menyampaikan rasa duka cita kepada para korban bencana tsunami yang terjadi di wilayah Banten dan Lampung Selatan serta tanah longsor di Sukabumi, Jawa Barat. 
 
Hal tersebut dikatakan Bambang dalam pidatonya di rapat paripurna pembukaan masa persidangan III tahun sidang 2018-2019 di Ruang Rapat Paripurna DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (7/1/2018). 
 
"Pada kesempatan yang mulia ini, atas nama Pimpinan dan segenap Anggota DPR, dari lubuk hati yang paling dalam, kami menyampaikan rasa duka cita kepada para korban bencana tsunami yang terjadi di wilayah Banten dan Lampung Selatan, tanah longsor di Sukabumi, Jawa Barat serta musibah lainnya di beberapa wilayah Indonesia," ujar Bambang. 
 
Bambang pun meminta kepada Pemerintah untuk terus meningkatkan mitigasi bencana sehingga dapat memperkecil jatuhnya korban jiwa. 
 
"Harus diakui manajemen bencana kita masih tergolong lemah, early warning system tidak berfungsi dengan baik, sehingga masyarakat tidak mempunyai informasi mengenai bencana yang akan terjadi di wilayahnya," katanya. 
 
DPR pun kata Bambang memberikan dukungan penuh kepada Pemerintah dalam melakukan rehabilitasi, rekonstruksi, dan pemulihan dampak bencana serta memberikan perlindungan kepada masyarakat. 
 
"Sudah saatnya perencanaan pembangunan, pengelolaan tata ruang dan tata kota serta penyusunan anggaran memperhatikan sungguh-sungguh kondisi Indonesia yang berada di kawasan cincin api yang rawan dengan bencana. Ini merupakan pekerjaan rumah yang besar bagi DPR dan Pemerintahan yang akan datang," jelasnya. 
 
DPR sebelumnya reses sejak 14 Desember 2018 hingga 4 Januari 2019. Rapat pembukaan masa sidang ini sebelumnya diputuskan dalam rapat konsultasi pengganti rapat Bamus DPR RI antara pimpinan DPR RI dengan pimpinan fraksi tanggal 11 Desember 2018 lalu.