BREAKINGNEWS.CO.ID -  Tim Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) berhak mewakili Pul A ke semifinal LIMA Volleyball: McDonald’s East Java Conference Season 7 setelah mengalahkan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta di babak penyisihan terakhir pada Rabu (18/9/2019) dengan skor 3-1 (18-25, 25-22, 25-19, 25-17).

Dengan kemenangan  yang berlangsung  Sport Center UIN Maliki tersebut, tim tuan rumah ini berhak mewakili tim UIN lain yakni Sunan Ampel (UINSA) Surabaya ke empat besar.

UII membuka keunggulan di set pertama dengan skor 25-18. Kedua tim sama-sama menghasilkan 12 poin melalui permainan masing-masing. Namun, UII mampu meminimalikan kesalahan di set ini. Poin terbanyak dihasilkan dari Oki Hadian Tsania dengan lima poin. Ia  melakukan empat kali spike, tiga kali attack attempts, dan satu service ace. Assist paling banyak dilakukan Alde Eka Syarief Mutaqin dengan enam kali mengumpan.

Di set kedua, UIN Maliki berhasil merebut keunggulan tipis 25-22. Meski UII memberikan usaha terbaiknya, kemenangan set ini berada di tangan tuan rumah. Di set ini, UIN Maliki menciptakan 14 poin dari 25 poin yang dihasilkan lewat permainannya. Skor tertinggi dicetak M. Rifzi Refly Fernandika dengan empat poin, lewat spike yang dilakukannya. Ia juga melakukan assist tujuh kali. Umpan tertinggi dilakukan Faiz Daroini dengan 10 kali.

Keunggulan UIN Maliki berlanjut ke set ketiga. Dari 25 poin, mereka mencetak 17 poin. Pipin Setyo Utomo dan Iqbal Achmad Maulana sama-sama menyumbang lima poin di set ini. Faiz masih menjadi pemain yang sering memberikan umpan. Kali ini, ia melakukan assist sebanyak 14 kali. Set ketiga diakhiri dengan skor 25-19 keunggulan untuk UIN Maliki.

Faiz dkk. memastikan kemenangan di set keempat. Di set ini, skor yang mereka cetak sebanyak 18 poin. Iqbal kembali menjadi penyumbang angka terbanyak dengan empat poin, bersama Noval Firmansyah, dan Faiz memberikan umpan 11 kali di set ini. Pertandingan berakhir dengan kemenangan sang tuan rumah dengan skor 25-17.

“Di set pertama, kami masih meraba formasi yang bagus. Namun, setelah ada pergantian formasi, kami bisa memenangi pertandingan ini. Namun, fisik anak-anak masih belum bagus dan mudah lelah. Apalagi di kampus kami banyak tanggung jawab yang harus dijalani. Kami akan tetap berusaha memberikan yang terbaik di semifinal nanti,” kata Suwandi, pelatih UIN Maliki.

Pelatih UII, Dedy Rochmad Johan, mengatakan, “Jam terbang tim kami memang belum banyak, meski libero kami merupakan pemain nasional. Para pemain masih belum tahu atmosfer dan bagaimana pola permainan yang benar. Di set pertama, anak-anak jarang melakukan kesalahan. Namun, di set selanjutnya mereka melakukan kesalahan yang tidak perlu. Jadi, kekalahan ini berasal dari kesalahan yang dilakukan tim kami sendiri. Kami berharap bisa megikuti LIMA lagi karena ini ajang yang sudah kami persiapkan beberapa bulan lalu. Kami akan berusaha untuk mempersiapkan tim yang lebih baik lagi tahun depan.”

Dengan hasil ini, UIN Maliki dipastikan melaju ke semifinal bersama UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. Sang tuan rumah akan melaju ke empat besar sebagai runner-up Pul A, sedangkan UII harus mempersiapkan diri kembali untuk LIMA Volleyball musim depan.