JAKARTA - Tim Pabrikan Ducati menegaskan akan memperpanjang kontrak kerjasama dengan tiga tim satelit mereka yakni, Alama Ducati Pramac, Angele Nieto dan Reale Avintia untuk dua musim kedepan. Pernyataan tersebut dilontarkan langsung oleh bos Ducati, Luigi Dall’Igna jelang perhelatan seri kelima MotoGP di Prancis.

Pernyataan tersebut tentu sebagai peringatan keras bagi tim pabrikan Yamaha agar mengundurkan niat mereka untuk mencoba membajak satu dari tiga tim satelit milik pabrikan asal Italia ini untuk menggatikan posisi Tech 3 sebagai tim satelit mereka di musim 2019 mendatang.

"Saya mengharapkan melanjutkan kontrak tak hanya dengan Pramac, tapi juga Angel Nieto dan Avintia," kata Gigi Dall'Igna.

"Kami akan memperpanjang kontrak dengan mereka, Saya percaya diri kami akan mencapai persetujuan di antara dua balapan mendatang," tambahnya.

Dengan pernyatan Ducati ini, maka Yamaha hanya menyisahkan satu peluang mereka untuk merealisasikan proyek tim satelit. Peluang tersebut ada pada salah satu tim satelit Honda, Marc VDS. Akan tetapi, Marc VDS sampai saat ini belum menyatakan akan berlabuh dipabrikan mana di musim depan usai menyatakan melepas Honda di akhir musim ini.