JAKARTA - Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games Indonesia 2018 (Inasgoc), Erick Thohir, disebut Korea Selatan mendukung negara tersebut untuk mengirimkan tim gabungan dengan Korea Utara dalam ajang Agustus mendatang.

"Saya sudah bertemu dengan Erick Thohir dan dia sangat mendukung rencana ini," ujar Duta Besar Korsel untuk Indonesia, Kim Chang-beom, dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Kim mengaku tetap optimistis walaupun membentuk tim gabungan dua negara sangat sulit dikarenakan mereka harus mendapatkan dukungan penuh dari Inasgoc serta Dewan Olimpiade Asia (OCA).

Menurut Kim, wacana ini pertama kali dibahas saat menteri olahraga kedua negara bertemu di sela acara kebudayaan di Pyongyang pada Maret lalu .

Dalam pertemuan itu, kedua menteri membahas sejumlah hal yang mungkin saja dilakukan secara bersama-sama oleh delegasi Korut serta Korsel di Asian Games.

"Salah satu yang dibicarakan kemungkinan atlet kedua negara pawai bersama di bawah satu bendera," ucap Kim.

Sebelumnya, atlet Korut serta Korsel sudah beberapa kali melakukan pawai bersama dalam sejumlah ajang olahraga internasional, terakhir kali di Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang pada Februari lalu.

Kim mengatakan pemimpin kedua negara mungkin akan membicarakan wacana ini dalam konferensi tingkat tinggi Korsel-Korut pada 27 April mendatang.

Agenda utama dalam konferensi tersebut adalah pertemuan pertama antara pemimpin tertinggi Korut, Kim Jong-un, dan Presiden Korsel Moon Jae-in.

Pihak Korsel akan membawa tiga agenda penting, yaitu upaya denuklirisasi, perjanjian perdamaian, dan penguatan hubungan kedua negara.