BREAKINGNEWS.CO.ID - Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik, memberika ucapan selamat Hari Pers Nasional kepada seluruh pelaku media di seluruh Indonesia.

Dalam unggahan Twitter British Embassy Jakarta, Dubes Moazzam menyampaikan bahwa pers memiliki peran penting dalam berdemokrasi. "Kebebasan pers dan pemberitaan yang objektif adalah dasar majunya sebuah demokrasi," ujar Moazzam.

Dubes Moazzam juga memaparkan bahwa Inggis punya komitmen untuk meningkatkan kesadaran dunia akan pentingnya kebebasan pers. Ia turut mengajak Indonesia guna menyukseskan kampanye itu.

"Menteri Luar Negeri Inggris, Jeremy Hunt telah berjanji bahwa Inggris akan melaksanakan kampanye global untuk meningkatkan kebebasan pers tahun ini." "Kami mengajak Indonesia untuk bersama-sama sukseskan kampanye ini."

"Di Hari Pers Nasional 2019 saya ingin mengucapkan selamat kepada rekan-rekan media atas prestasi yang telah diraih." "Saya juga ingin mendorong anda untuk terus memperjuangkan kebenaran dan memberikan informasi yang mencerdaskan masyarakat. Maju terus pers Indonesia."

Puji Sistem Demokrasi RI

Duta Besar Inggris untuk RI, Moazzam Malik memuji sistem demokrasi di Indonesia sudah sangat baik. Hal ini ia sampaikan setelah melihat proses pemilihan umum kepala daerah yang berlangsung pada 27 Juni 2018 lalu. Dubes Moazzam bahkan menyebut sistem pemilihan langsung yang dilakukan oleh rakyat ini sukses. Aspirasi rakyat pun tersampaikan dengan baik lewat cara seperti ini.

"Saya menilai sistem demokrasi di Indonesia sudah sangat baik. Rakyat dapat memilih pemimpinnya secara langsung bahkan serentak di sejumlah negara," ujar Dubes Moazzam saat ditemui usai acara peringatan ulang tahun Ratu Elizabeth II ke-92 di Hotel Fairmont Jakarta pada 28 Juni 2018 lalu. "Lewat keberhasilan ini kami berharap agar Indonesia dapat mempromosikan sistem demokrasi dan pemilihan kepala daerah secara langsung kepada Inggris terutama negara-negara di dunia," tambahnya.

Pada kesempatan tersebut Dubes Moazzam juga menyampaikan bahwa Indonesia harus terus maju sehingga bisa jadi inspirasi dunia. Meskipun demikian, Dubes Moazzam juga berharap agar demokrasi ini terus dijaga. Kepercayaan yang telah diberikan oleh masyarakat harus dijalankan.