BREAKINGNEWS.CO.ID - Indonesia memperingati hari kemerdekaannya setiap tanggal 17 Agustus, perwakilan negara-negara sahabat di Indonesia juga ikut merasakan kemeriahan Hari Kemerdekaan ke-73 RI. Salah satunya adalah Inggris.

Melalui Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik, ucapan selamat untuk Tanah Air disampaikan. Harapan serta doa tidak luput beliau panjatkan untuk Tanah Air. "... Atas nama pemerintah Inggris, saya ucapkan Dirgahayu RI ke-73. Semoga persatuan dan kesatuan tetap terjaga, menuju Indonesia yang makmur dan sejahtera. Maju terus Indonesia," demikian penggalan ucapan selamat dari Dubes Moazzam yang diunggah melalui akun Twitter Kedutaan Inggris di Indonesia, @UKinIndonesia, Jumat (17/7/2018).

Sebelumnya, Dubes Moazzam Malik memberikan pujian pada sistem demokrasi di Indonesia yang sudah sangat baik. Hal ini ia sampaikan setelah melihat proses pemilihan umum kepala daerah yang berlangsung pada 27 Juni 2018 lalu. Dubes Moazzam bahkan juga menyebut sistem pemilihan langsung yang dilakukan oleh rakyat ini sukses. Aspirasi rakyat juga tersampaikan dengan baik lewat cara seperti ini.

"Saya menilai sistem demokrasi di Indonesia sudah sangat baik. Rakyat dapat memilih pemimpinnya secara langsung bahkan serentak di sejumlah negara," ujar Dubes Moazzam saat ditemui usai acara peringatan ulang tahun Ratu Elizabeth II ke-92 di Hotel Fairmont Jakarta pada Kamis 28 Juni 2018 malam. "Lewat keberhasilan ini kami berharap agar Indonesia dapat mempromosikan sistem demokrasi dan pemilihan kepala daerah secara langsung kepada Inggris terutama negara-negara di dunia," tambahnya.

Pada kesempatan tersebut Dubes Inggris juga mengemukakan bahwa Indonesia harus terus maju sehingga bisa jadi inspirasi dunia. Walaupun demikian, Dubes Moazzam juga berharap agar demokrasi ini terus dijaga. Kepercayaan yang sudah diberikan oleh masyarakat harus dijalani.

"Hak-hak minoritas harus dijaga dan harus melihat kinerja bukan personal," kata Moazzam. Tidak hanya bicara soal demokrasi di Indonesia, ia juga memuji pertumbuhan ekonomi Tanah Air. "Angka kemiskinan menurun menjadi 10 persen dari 23 persen. Bahkan perekonomian Indonesia tumbuh hingga sembilan kali lipat," ujar Dubes Inggris tersebut.