BREAKINGNEWS.CO.ID – Duta Besar (Dubes) Filipina, Lee Hiong Wee, menegaskan kesiapan negaranya untuk menjadi tuan rumah perhelatan SEA Games 2019 mendatang. Lee menuturkan, Filipina telah membangun infrastruktur guna menyukseskan perhelatan pesta olahraga antar-negara Asia Tenggara tersebut.

Filipina akan menjadi tuan rumah SEA Games untuk edisi ke-30. Rencananya, event akbar di Asia Tenggara itu akan diselenggarakan pada 30 November hingga 11 Desember 2019 mendatang. Sebelumnya, pada Juli 2017 lalu, Filipina sempat mengumumkan untuk mundur sebagai tuan rumah SEA Games 2019 dikarenakan alasan keamanan yang terjadi di Marawi City.

Akan tetapi, hal tersebut langsung dibatalkan dan Presiden Filipina, Rodrigo Duterte menegaskan pihaknya siap mengemban amanat menjadi tuan rumah SEA Games 2019. Kota yang menjadi tuan rumah SEA Games 2019 adalah New Clark City. Dubes Lee Hiong Wee menyebut, proses pembangunan infrastruktur pun masih berlangsung hingga saat ini.

"Saya berharap ada masyarakat Indonesia yang datang ke Filipina. SEA Games akan digelar di New Clark City pada November 2019 mendatang," kata Lee Hiong Wee di Kedubes Filipina di Jakarta, Jumat (7/12/2018). "Tahun lalu para arsitek kami datang ke Indonesia untuk melihat persiapan Asian Games 2018 yang sangat sukses itu. Jadi, kami ingin memastikan SEA Games 2019 nantinya akan menyamai kesuksesan Asian Games di Indonesia Agustus 2018 lalu," tegas Lee Hiong Wee.

Kendala transportasi sempat terjadi karena jauhnya jarak antara New Clark City dengan ibu kota Filipina, Manila. Akan tetapi, Dubes Lee memastikan hal itu tidak menjadi masalah, dikarenakan di kota tersebut sudah dibangun bandara baru untuk memudahkan atlet SEA Games 2019. "Sekarang New Clark City sudah memiliki bandara. Jadi, itu akan memudahkan para atlet yang akan bertanding dan langsung mendarat di New Clark City yang jaraknya hampir 60 km dari Manila," ujar Lee Hiong Wee.