BREAKINGNEWS.CO.ID -  Ustaz Solmed akhirnya mewujudkan cita-cita untuk membuat sebuah grup music bergenre gambus,  sekaligus meluncurkan karya perdana. Dua keinginan itupun terlaksana pada bulan Ramadan tahun ini melalui single  berjudul Kembali Fitri melalui grup yang juga baru didirikan yang diberi nama  The Sulthan Gambus.

Saat berbicara kepada awal media, Ustad Solmed menyebut bahwa Cita-cita membuat grup musik gambus terpikir oleh suami April Jasmine itu sejak satu tahun yang lalu. Namun, semua sulit diwujudkan karena tak mudah menemukan vokalis.

"Nggak gampang cari personil vokalis, bahkan saya hampir putus semangat pas audisi siapa yang jadi personil dan vokalis," katanya di  di kediamannya di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat,  Selasa (28/5/2019).

Maka saat kebutuhan vocal dan personil grup terpenuhi, maka ustad ini langsung memperkenalkannya ke public sebagai grup yang mengambil genre  lagu religi dengan sentuhan pop  melayu.

Karakter religi dan sentuhan dangdut itu terlihat dari single perdana yang dirilis itu.  Musiknya dikemas dalam irama pop Melayu, yang enak didengar dan syairnya pun mudah diikuti pendengarnya.

Dijelaskannya juga, lagu tersebut terinspirasi dari pengalaman hidup sehari hari yang dialami penciptanya ini, ketika menyemarakkan suasana bersilaturahmi masyarakat pada saat merayakan lebaran.

"Kami berharap lagu ini bisa menemani mereka yang merayakan lebaran nan fitri untuk saling bermaafan sehingga menumbuhkan rasa cinta di antara sesama”, kata  papar suami perempuan bernama April Jasmine tersebut. 

The Sulthan Gambus,  terdiri dari  Didin (keyboard), Lia (vokal), Aziz (drum), Dedi (biola) dan Gunawan pada gitar.  Saat ini The Sulthan telah memiliki koleksi 4 lagu yang diciptakannya sendiri, yaitu yang berjudul, PanggilanMU, Tak Terbatas, Mengharap RidhoMu dan Kembali Fitri, yang siap dipersembahkan kepada para penikmat musik di tanah air.