JAKARTA – Belgia berhasil meraih kemenangan pertama di Piala Dunia 2018. Tampil di Olimpiyskiy Stadion Fisht, Sochi pada Senin (18/6) malam WIB, Belgia sukses melumat Panama dengan skor 3-0. Di laga ini, striker Manchester United, Romelu Lukaku sukses mencetak dua gol. Paruh pertama berjalan, Belgia langsung tancap gas dan mampu mendominasi jalannya pertandingan. Mereka membuka serangan lewat dua sayapnya Eden Hazard dan Dries Mertens.

Di lima menit pertama, Belgia langsung menciptakan dua ancaman serius ke gawang Panama. Pertama lewat tembakan Yannick Ferreira-Carrasco dari dalam kotak penalti masih bisa ditangkap oleh penjaga gawang Jaime Penedo, serta tembakan keras Mertens dari jarak dekat juga berhasil ditepis. Pada menit ke-12, kapten Panama, Roman Torres melakukan blunder. Bola umpannya kepada penjaga gawang berhasil direbut oleh Hazard. Beruntung tembakan Hazard masih menyamping ke sisi luar gawang.

Di menit ke-37, penjaga gawang Panama, Jaime Penedo kembali melakukan sebuah penyelamatan gemilang. Tembakan keras Eden Hazard dari jarak dekat berhasil dibloknya keluar dan hanya menghasilkan sepak pojok bagi Belgia.

Penedo lagi-lagi berhasil melakukan aksi brilian lima menit kemudian. Ia sukses merebut bola dari kaki Romelu Lukaku yang sudah lolos dari kawalan bek Panama ketika menerima umpan terobosan dari De Bruyne. Hingga menit-menit akhir babak pertama, Belgia masih kesulitan untuk mencetak gol meski terus mengurung pertahanan Panama. Skor imbang tanpa gol pun menjadi hasil di paruh pertama.

Usai jeda, Belgia kembali memperagakan permainan cepat yang langsung menusuk ke jantung pertahanan Panama. Mereka ingin mencetak gol cepat di saat pemain-pemain Panama masih lengah menjaga pertahanannya.

Hasilnya, dua menit paruh kedua berjalan atau tepatnya pada menit ke-47, Dries Mertens berhasil memecah kebuntuan Belgia. Pemain Napoli ini berhasil menyambar bola yang lepas dari kontrol Fidel Escobar di dalam kotak penalti dan membuat Belgia memimpin 1-0.

Tertinggal satu gol Panama berupaya untuk membalas. Pada menit ke-53, mereka nyaris saja menyamakan kedudukan melalui Michael Murillo. Lolos dari kawalan bek Belgia, Murrillo berhasil meraih bola umpan jauh dari belakang. Namun sayang tembakannya masih bisa dihadang oleh kiper Thibaut Courtois.

Bomber Manchester United, Romelu Lukaku sukses memperbesar keunggulan Belgia jadi 2-0 di menit ke-69. Dia membobol gawang Panama dengan sundulan memanfaatkan umpan terukur yang dilepaskan oleh Kevin de Bruyne.

Unggul dua gol, Belgia pun berada di atas angin dan semakin bersemangat melakukan tekanan. Sementara pemain-pemain Panama yang tertinggal dua gol justru tampak kerepotan menahan gempuran yang dilancarkan Eden Hazard dkk.

Hasilnya, Lukaku kembali mencatatkan namanya di papan skor untuk membawa Belgia unggul 3-0 di menit ke-75. Dalam sebuah serangan balik cepat, Hazard yang mendribel bola dari tengah lapangan, berhasil menirimkan umpan matang kepada Lukaku. Dengan mudah Lukaku pun melepaskan tembakan kaki kiri dan mencetak gol. Hingga peluit akhir berbunyi tak ada lagi gol yang tercipta. Pertandingan ini akhirnya dimenangi oleh Belgia dengan skor akhir 3-0.

Susunan Pemain:

Belgia: Thibaut Courtois (gk); Toby Alderweireld, Dedryck Boyata, Jan Vertonghen, Thomas Meunier, Kevin De Bruynw, Axel Witsel (Nacer Chadli’90), Dries Mertens (Thorgan Hazard’83), Eden Hazard, Yannick Carrasco (Mousa Dembele’75), Romelu Lukaku.

Panama: Jaime Penedo (gk); Michael Murillo, Roman Torres, Fidel Escobar, Erick Davis, Edgar Barcenas (Gabriel Torres’63), Armando Cooper, Gabriel Gomez, Anibal Godoy, Jose Luis Rodriguez (Ismael Diaz’65), Blas Perez (Luis Tejeda’73).