JAKARTA - Salah satu bagian dari Tembok Besar Cina dengan pemandangan paling indah akan dipulihkan dengan bantuan dari drone buatan Intel.

Untuk melakukan itu, Intel bekerja sama dengan Badan Cina untuk Konservasi Warisan Budaya. Keduanya akan memulihkan bagian Jiankou dari Tembok Besar yang dikenal dengan tanjakannya yang curam dan pemandangannya yang indah.

Nantinya, Falcon 8+ buatan Intel akan menangkap gambar dari bagian tersebut dari udara, lapor CNET, Rabu (2/5/2018).

"Menggunakan drone, kami akan bisa menginspeksi berbagai aspek dari struktur Tembok Besar, termasuk kawasan yang sulit diakses," kata Anil Nanduri, Vice President dan General Manager of Intel's Drone Team, seperti yang dikutip dari South China Morning Post.

Dengan bantuan kecerdasan buatan (AI), gambar 3D high-definition ini akan menciptakan representasi visual dari bagiam tembok besar. Dengan begitu, proses pemeriksaan dan identifikasi bagian yang rusak akan menjadi lebih mudah.

"Sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia, Tembok Besar telah mengalami erosi cuaca selama ribuan tahun," kata Li Xiaojie chairman dari Badan Tiongkok untuk Konservasi Warisan Budaya.

"Sebagian dari Tembok Besar berupa tanjakan curam, yang sangat sulit untuk diperbaiki setiap harinya. Kerja sama kami dengan Intel membuka pintu baru untuk melestarikan warisan ini."