BREAKINGNEWS.CO.ID-Badan Musyawarah (Bamus) DPRD DKI Jakarta sudah membentuk panitia khusus (pansus) terkait pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta. Di mana pansus itu terbentuk untuk mengatur jalannya pemilihan sekaigus mekanisme terkait calon yang tidak terpilih dan calon terpilih. 
 
“Baru menyepakati dibentuknya pansus, pansus pemilihan wakil gubernur DKI,” kata Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Gembong Warsono saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (19/3/2019).
 
Meskipun pansus sudah terbentuk namun anggota dari pansus belum diketahui karena pimpinan DPRD DKI tengah berkirim surat pada seluruh fraksi-fraksi. Surat itu meminta setiap fraksi mengajukan nama perwakilan untuk bergabung dengan pansus. 
 
“Belum, nanti pimpinan bersurat ke fraksi-fraksi untuk mengirimkan nama yang tergabung dalam pansus,” ujarnya.
 
Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan berharap DPRD DKI Jakarta bisa dengan cepat melangsungkan pemilihan terhadap wakil gubernur DKI Jakarta. Di mana ada dua kandidat calon yakni Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto. 
 
Ia menilai pemilihan wagub DKI tak ada hubungannya dengan pelaksanaan pemilihan legislatif (pileg) maupun pemilihan presiden (pilpres) sehingga fokusnya tidak mencakup luas dan melibatkan seluruh masyarakat. Sebab itu pemilihan wagub DKI dianggap bisa dilangsungkan tanpa melibatkan pileg dan pilpres.
 
“Sebaiknya lebih cepat lebih baik. Bukan sebelum atau sesudah ya kan Pilpres gak ada hubungannya sama itu. Pilpres, pileg itu peristiwa yang dialami oleh seluruh rakyat dan disini adalah untuk Jakarta lebih baik prosesnya lebih cepat sehingga kita pun punya kepastian dari proses ini,” ujar Anies di Balaikota Jakarta, Selasa (12/3/2019).