BREAKINGNEWS.CO.ID - Tim Kunjungan Kerja Reses (Kunker) Komisi V DPR RI dipimpin Wakil Ketua Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo meninjau Pelabuhan Boom Baru dan Jembatan Musi IV di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (14/12/2018). Komisi V DPR RI memberi masukan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait dengan strukutur Jembatan Musi IV ini.

“Desainnya ada dua jembatan yang melintasi Sungai Musi. Namun karena jalurnya terlalu kecil, 10 tahun ke depan jembatan ini bisa macet total. Tolong kalau bikin jembatan yang sekalian lebar, dan ketinggian jembatannya disesuaikan dengan kapal yang melewati bawah jembatan, biar Kemen PUPR ndak banyak melakukan perawatan,” papar Sigit.

Legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menambahkan, jembatan dengan konstruksi yang sempit akan berpotensi macet di kemudian hari, karena tidak bisa dipisahkan antara kendaraan roda dua dan roda empat. Ia khawatir, jika macet di tengah, jembatan berpotensi roboh karena terlalu overload, seperti yang terjadi di Tuban dan Kalimantan.

Ia berharap ke depannya APBN bisa ditambah agar dapat membangun jembatan yang melintasi Sungai Musi ini. Tingkat kebutuhan membangun jembatan itu tergantung tingkat perkembangan sebuah kota. Palembang termasuk kota dengan perkembangan yang pesat.

“Ya memang butuh jembatan untuk lintas jalur lebih efektif dan efisien. Kalau ada suatu daerah dengan sungai seperti ini, mungkin kita akan dorong angkutan-angkutan lewat sungai ndak harus lewat jalan raya,” ungkap legislator dapil Jawa Timur itu.

Dengan hanya berada pada 112 km laut lepas, pihaknya berharap jembatan-jembatan yang ada di atas Sungai Musi bisa dilewati oleh kapal-kapal yang mengangkut batu bara atau mengangkut barang lainnnya. Sehingga bisa mengurangi beban aktifitas di jalan raya.