BREAKINGNEWS.CO.ID  - Kepastian jadwal Munas Partai Golkar yang akan diadakan Desember 2019 disambut baik oleh DPD I Bali. Bahkan Sekretaris DPD Golkar Provinsi Bali, Sugawa Kory menyatakan kesiapannya jika Bali kembali dipilih untuk menjadi tuan rumah agenda penting tersebut.

"Kita siap sesuai perintah partai," kata Sugawa Kory yang langsung diamini oleh Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD I Bali, Dauh Wijana. Meski Bali siap menjadi tuan rumah, namun Sugawa menjamin akan mampu menjadi tuan rumah yang baik bagi semua pihak. Baik kubu yang berseberangan atau yang sejalan dengan mereka.

Bulan Agustus 2019 lalu, Plt Ketua DPD Golkar Bali Gde Sumarjaya Linggih atau biasa disapa Demer, sudah menggelar rapat Konsolidasi Organisasi di Hotel Movenpick Jimbaran. Dalam rapat yang digelar 8 Agustus 2019 itu DPD I Bali tegas sudah mendeklarasikan dukungannya kepada Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk menjadi Ketua Umum lagi periode 2019-2024.

Rapat konsolidasi ini juga dihadiri langsung Airlangga Hartarto dan sejumlah petinggi DPD dan jajaran pimpinan DPD Golkar se-Bali itu. Bahkan dalam acara itu Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tanjung dan Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono, ikut hadir.

"Kita mempertimbangkan dari segi bobot, bibit dan bebet. Pak Airlangga memiliki semua kriteria untuk menjabat pimpinan tertinggi itu," ucap Anggota Komisi VI DPR RI yang terpilih lagi untuk keempat kalinya ini.

Bahkan DPD II se-Bali juga sudah menyatakan dukungan mereka hanya untuk Airlangga. "Bali sudah bulat dukung Pak Airlangga untuk menjadi Ketua Umum Golkar. Kita semua di Bali sudah sepakat baik tingkat I ataupun tingkat II," kata Sugawa Kory, yang juga Wakil Ketua DPRD Provinsi Bali.

Ada beberapa alasan yang diajukan oleh DPD I Bali dalam mendukung Airlangga. Sugawa Kory menilai Airlangga memiliki latar belakang akademis yang bagus. Bahkan pernah menjabat Ketua Komisi VI dan VII di DPR RI. Kini Airlangga menjadi Menteri Perindustrian yang penuh inovasi.
Alasan lain, Demer menyebut nama, Airlangga sangat dekat dengan nama Bali. Dari sisi sejarah nama Airlangga itu melekat dengan Bali.

"Melihat prestasi, kualitas dan figur Pak Airlangga maka DPD Golkar Bali sudah bulat memilih beliau untuk jadi Ketum Golkar," jelas Demer.

Sugawa menambahkan jika Airlangga saat ini dianggap sebagai tokoh muda Golkar yang mumpuni. Apalagi ditambah kebulatan tekad jajaran DPD Golkar se-Bali memilih kembali Airlangga sudah melalui berbagai pertimbangan. "Rapat pleno sudah kami lakukan, bahkan kami juga sudah mengirimkan surat dukungan," ucapnya.

Prestasi Airlangga yang dalam waktu singkat mampu membawa Partai Golkar meraih kursi terbanyak kedua di DPR RI pada Pileg 2019, dianggap sebuah keberhasilan besar. "Astungkara, tangan dingin Pak Airlangga kita masih di posisi kedua Pileg 2019 lalu," imbuhnya.

Hal senaga juga disampaikan Wakil Ketua Bidang Organisasi, Dauh Wijana. Menurut Dauh Partai Golkar sangat beruntung memiliki figur pemimpin seperti Airlangga Hartato. "Orangnya cool, menjunjung tinggi sportivitas, sangat membumi dan bisa dibilang tidak pernah cawe-cawe soal konflik yang ada," sebutnya.

Airlangga juga dinilai mampu menjaga soliditas Partai Golkar di tengah turbulensi politik di Tanah Air. "Untuk era ke depan sudah sepatutnya Pak Airlangga, kembali memimpin Golkar," kata Dauh.