BANYUWANGI - Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur, Nyono Suharli Wihandoko menawarkan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas untuk mendaftar jadi Calon Gubernur (Cagub) lewat partainya. Sosok Anas yang berhasil membawa Banyuwangi semakin dikenal, masuk dalam survei serta penilaian DPD Golkar Jawa timur sebagai Cagub serta Cawagub potensial.

"Saat ini Golkar masih membuka pendaftaran calon Gubernur dan Wakil Gubenur Jawa Timur sampai 19 Agustus. Bupati Anas ini masuk dalam survei kita. Kita sarankan untuk ikut dicalonkan," ucap Nyono saat menghadiri Pelantikan dan Rakerda Pengurus DPD Partai Golkar Kabupaten Banyuwangi Periode 2016-2021 di Kantor DPD Golkar, Banyuwangi, Sabtu (12/8/2017).

Bupati Anas telah mendaftarkan diri dalam bursa calon Gubernur serta Wakil Gubenur lewat PDIP. Tetapi menurut Nyono, tak ada salahnya bila dukungan juga diambil dari Partai Golkar. "Pak Anas juga sudah didaftarkan lewat PDIP, barang kali nanti lewat partai Golkar akan lebih baik dan bersama partai lain juga untuk memberi dukungan pada beliaunya," ujarnya.

Nyono juga mengungkap, pihaknya membuka kesempatan besar untuk tokoh yang berinisiatif menginginkan membangun Jawa Timur untuk mendaftar lewat partainya. Tetapi dia mengisyaratkan, ada jatah khusus yang perlu dipenuhi partainya. Yaitu, calon Wagub mesti dari Golkar. "Kalau bisa di wakil gubernur ini dari Golkar. Ini bisa dari internal maupun eksternal," terang Nyono.

Selama ini, tokoh yang sudah mendaftar lewat partai ini ada dua. Salah satunya, wagub Jawa Timur Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul serta Kombes Syafiin.