BREAKINGNEWS.C0.ID –  Kemenangan spektakuler berhasil dibukukan oleh pebalap Italia, Andrea Dovizioso. Bertarung di MotoGP Austria 2019 yang selama ini dikenal sebagai sirkuit unggulan, Dovi, sukses menegaskan dominasi Ducati di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (11/8/2019).

Kemenangan ini menjadi kemenangan keempat Ducati secara beruntun di Red Bull Ring. Namun kemenangan kali ini menjadi special lantaran diukit Dovizioso keluar sebagai lewat pertarungan sengit melawan Marc Marquez yang harus ditentukan di tingkungan terakhir pada lap terakhir lomba tersebut.

Marc Marquez sendiri sebelumnya, pembalap dari tim Repsol Honda melakukan start yang sempurna di balapan tersebut. Tetapi, Dovi terus bisa menempel  Marc Marquez.

Setelah saling mengejar dan mendahului hingga lap terakhir, Dovizioso berhasil menyalip Marquez di tikungan terakhir untuk finis terdepan. Sebuah spekulasi namun penuh perhitungan dilakukan oleh pembalap Ducati itu hingga akhirnya ia merebut podium pertama. Usaha itu nyaris sulit dilakukan.

Saat ditanya oleh media perihal aksinya yang tak disangka-sangka itu Dovi pun mengakuinya. “Saya juga tidak percaya itu (bias dilakukan). Saya harus mengerem di posisi yang tidak boleh sama dengan Marc. Itu hampir tidak mungkin. Tetapi ini lap terakhir dan kesempatan terakhir, sehingga saya harus melakukannya,” ucap Dovi tentang aksinya tersebut.

Dengan kesuksesan Dovizioso ini, Ducati belum tertaklukkan di Red Bull Ring. Sejak MotoGP kembali digelar di Red Bull Ring pada 2016, pebalap Ducati selalu jadi juara.

Pada 2016, Andrea Iannone jadi juara di Red Bull Ring. Dia mengungguli Dovizioso yang finis kedua. Setahun kemudian, giliran Dovizioso yang naik podium tertinggi Red Bull Ring. Dia dibuntuti dua pebalap Repsol Honda, Marquez dan Dani Pedrosa.

Tahun lalu, Jorge Lorenzo jadi juara saat masih memperkuat Ducati. Dia juga keluar sebagai juara setelah memenangi duel dengan Marquez.

Dengan kemenangan ini, Dovizioso kini mengumpulkan 172 poin dan menempati peringkat kedua klasemen MotoGP. Pebalap asal Italia itu memangkas jarak dengan Marquez yang ada di puncak menjadi 58 poin.

Sementara Fabio Quartararo merebut posisi ketiga. Pebalap kawakan, Valentino Rossi harus puas berada di posisi keempat.