BREAKINGNEWS.CO.ID - Direktur Utama Pelindo III Doso Agung menilai strategi Menteri BUMN Rini Soemarno menambah jumlah direksi di Pelindo III sangat tepat. Selama ini di BUMN yang dipimpin Doso Agung tersebut hanya ada lima direksi. Namun sejak Selasa (6/11/2018) ditambah menjadi enam direksi sesuai keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di kantor Kementerian BUMN, Jakarta.

Doso Agung menilai penambahan ini untuk meningkatkan daya saing Pelindo III. "Tuntutan industri di sektor maritim merupakan tantangan berlevel global bagi Indonesia. Kini Pelindo III memiliki Direktur Teknik dan Direktur Operasi dan Komersial yang terpisah, sehingga fokus pada investasi teknologi dengan peningkatan produktivitas layanan jasa logistik dapat berjalan sama cepat beriringan," ujar Doso Agung dalam keterangan tertulisnya.

Pada kesempat tersebut Kementerian BUMN juga mengangkat dua direktur baru PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III. BUMN ini mengoperasikan terminal pada 43 pelabuhan di tujuh provinsi Indonesia.  Putut Sri Muljanto diangkat menjadi Direktur Operasi dan Komersial, serta Toto Nugroho menjadi Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis.

Dua Figur Baru

RUPS itu sendiri dipimpin oleh Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan, dan Pariwisata (ELKP) Kementerian BUMN Edwin Hidayat Abdullah. RUPS ini juga dihadiri oleh Komisaris Utama Pelindo III Hari Bowo dan Direktur Utama Pelindo III Doso Agung. Putut  dianggap sebagai salah satu insan terbaik Pelindo III yang bergabung sejak tahun 1999 dan pernah menduduki berbagai peran penting.

Ia mulai berkarier sebagai SVP Marketing hingga jabatan direktur utama pada berbagai anak perusahaan seperti BJTI Port, Pelindo Marine Service, dan terakhir pada Terminal Petikemas Surabaya. Sementara Toto Nugroho sempat meniti karir di Pertamina. Terakhir ia memegang posisi SVP Integrated Supply Chain dan pernah menjabat sebagai Presiden Direktur Pertagas.

 

Susunan direksi Pelindo III:

Direktur Utama: Doso Agung

Direktur Operasi dan Komersial: Putut Sri Muljanto

Direktur Teknik: Joko Noerhudha

Direktur SDM: Toto Heliyanto

Direktur Keuangan: Iman Rachman

Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis: Toto Nugroho