BREAKINGNEWS.CO.ID - Program Mudik Bareng 2019  yang digagas oleh Kementerian BUMN, benar-benar telah memikat masyarakat calon pemudik. Tingginya animo pemudik yang ingin mengikuti program gratis tersebut, telah membuat Doso Agung, Direktur Utama Pelindo III, dengan senang hati meningkatkan jumlah tiket gratis hampir dua kali lipat dari rencana awal. Ia bahkan menjamin tak ada pungutan untuk program ini. 

Namun untuk bisa mensukseskan acara dan program tersebut, Doso Agung pun meminta segenap karyawan Pelindo III untuk bekerja dengan baik, sigap dan penuh dedikasi. Beberapa rencana awal agar program tersebut sukses, sejak sebulan lalu sudah digelar. Pelindo kini sudah membagi tujuan dan asal pelabuhan yang dilanjutkan dengan jurusan bus-bus yang digunakan untuk mudik gratis ini.

Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, menurut Doso Agung Pelindo III menyediakan  bus-bus untuk lima jurusan. Misalnta dari Perak ke Cepu, Madiun, Trenggalek, Blitar, dan Jember. Sedangkan di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Pelindo III juga menyediakan bus-bus dengan tujuan ke Tegal, Wonosobo, Temanggung, Purworejo, Yogyakarta, Solo, dan Purwodadi. Bahkan bus gratis di kedua pelabuhan yang dikelola Pelindo III tersebut akan tersedia sejak H-6 Lebaran.

Mudik Digital

Doso Agung sendiri menghimbau kepada para calon pemudik untuk dapat segera mendaftarkan diri via internet atau online ke alamat situs website resmi: mudik.pelindo.co.id. Mereka juga bisa mendaftar lewat aplikasi dengan mengunduh (download) aplikasi “Mudik Pelindo III” di Google Play.

Penggunaan Teknologi digital seperti lewat aplikasi ini, juga merupakan salah satu layanan terbaru dan inovatif yang dilakukan oleh Pelindo III. Tentunya dengan penerapan Teknologi digital tersebut masyarakat juga dimudahkan dalam mendaftar.

Setelah terdaftar secara online, calon pemudik dapat mengambil tiket kapal di terminal penumpang di pelabuhan keberangkatan dengan menunjukkan kartu identitas resmi (KTP atau copy KK) sebagai bukti pendaftaran. Untuk jadwal keberangkatan kapal-kapal tersebut sudah  sesuai dengan jadwal kapal yang tercantum di tiket Pelni.

Sementara untuk calon pemudik yang menggunakan angkutan moda bus, maka  setelah mereka terdaftar secara online langsung dapat mengambil tiket bus gratis di pelabuhan kedatangan. Bisa di Tanjung Perak atau Tanjung Emas, tentunya dengan menujukkan kartu identitas resmi seperti KTP atau foto kopi Kartu Keluarga. Bagi pemudik dari kapal, mereka juga harus menyertkan Tiket kapal Pelni untuk pemudik gratis moda kapal laut yang melanjutkan perjalanan dengan bus gratis.

Doso Agung menjamin semua proses tersebut gratis alias tidak berbayar sepeser pun. “Bila ada oknum yang meminta bayaran akan diproses ke pihak yang berwajib,”  ungkap Doso. Dalam program ini, Pelindo III, Pelni, dan Damri, memang telah bekerja sama dengan pihak keamanan untuk memastikan seluruh proses Program Mudik Bareng BUMN ini gratis untuk masyarakat, tanpa biaya apapun.