BREAKINGNEWS.CO.ID-Salah satu partai yang layak ditunggu dan termasuk bighmatch dari rangkaian pertandingan penyisihan grup keempat babak 32 besar Liga Champions 2018 adalah duel antara Atletico Madrid vs Borussia Dortmund. Pertandingan krusial untuk kedua tim ini digelar Rabu (7/11/2018) dini hari WIB di Estadio Wanda Metropolitano, kandang Atleti, mulai pukul 03.00 WIB dan dipimpin wasit  Daniele Osato dari Italia.

Borussia Dortmund bisa langsung lolos ke babak 16 besar jika memenangkan pertandingannya dengan tuan rumah Atletico Madrid ini. Dengan akumulasi nilai 12 dari empat pertandingan, maka perolehan angka tim Jerman ini sulit untuk dikejar, apalagi oleh AS Monaco dan Club Brugge yang berada di dua peringkat bawah.

Jika Monanco dan Club Brugge bermain imbang, sementara Dortmund kemudian mengalahkan Atleti, maka secara akumulatif Dortmund sudah lolos ke fase gugur minimal sebagai runner-up grup.

Borussia Dortmund amat perkasa saat ini, tidak terkalahkan di Liga Champions dan memimpin di Bundesliga dengan keunggulan empat poin atas juara  bertahan Bayern Munchen. Marco Reus di kubu Borussia Dortmund, dan Antoine Griezmann di Atleti, menjadi dua pemain yang paling menarik perhatian pada laga ini. Kedua bomber ini sama-sama menumbuhkan kewaspadaan tinggi.

Di matchday-3, dua pekan silam, Dortmund menghajar Atletico 4-0. Mereka tidak gentar menghadapi Atletico dikandangnya, walau pasti akan didukung oleh pemain ke-12, yakni puluhan ribu penonton di Wanda Metropolitano.

Borussia Dortmund yakin, Atletico bertekad balas dendam. Mereka percaya, Atletico akan bermain habis-habisan untuk merebut kemenangannya. Atletico wajib menang untuk mempertahankan  peluang mereka lolos dari penyisihan grup. Tidak hanya itu, Atletico tentunya akan mengejar peluang lolos ke  babak akhir Liga Champions 2019 ini mengingat laga final akan dilangsungkan di Wanda Metropolitano.

"Saya terus memikirkan Atletico  Madrid. Tentu saja sebagai pelatih Anda harus mengantisipasi banyak hal, tapi saya berkonsentrasi pada latihan dan kemudian pertandingan," kata Lucien Favre, pelatih Borussia Dortmund.

"Saya yakin Atlético bermain lebih agresif, karena mereka bermain di kandangnya sendiri, jadi pasti akan sangat, sangat sulit memenangkan pertandingan," ujar Favre.

"Ini pertandingan yang sangat penting buat kami," balas Diego Simeone, pelatih Atletico Madrid. "Saya percaya, para pemain saya akan memperjuang harapan mereka dengan maksimal."

"Ini bukan tentang balas dendam. Kami mengambil ini sebagai pertandingan Liga Champions yang penting, yang mana kami termotivasi untuk memenangkannya," ujar Lucas Hernández, bek Atletico Madrid.

"Dortmund adalah salah satu tim terbaik di Eropa saat ini - itulah mengapa mereka berada di puncak Bundesliga dan tak terkalahkan di liga dan Liga Champions. Mereka memainkan sepakbola yang spektakuler dan jika mereka mempertahankannya, mereka  telah mendapat kesempatan nyata untuk mengakhiri musim sebagai juara di Jerman," ujar Diego Simeone, pelatih Atletico Madrid.

Klasemen sementara:
1. Borussia Dortmund                3     3     0     0     8     0     8     9
2. Club Atlético de Madrid           3     2     0     1     5     6     -1     6
3.AS Monaco FC                        3     0     1     2     2     6     -4     1
4.Club Brugge                           3     0     1     2     2     5     -3     1