BREAKINGNEWS.CO.ID - Pegulat muda dari DKI Jakarta, Andika Sulaiman berhasil menembus Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua. Hal tersebut dipastikan setelah Andika berhasil mengalahkan pegulat dari Kalimantan Timur, Kusno Hadi dalam ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) yang juga menjadi ajang Pra kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua di GOR Otista, Jakarta Timur, Sabtu (2/11/2019).

"Alhamdulillah saya berhasil memenangkan pertandingan melawan Kusno Hadi. Sebenarnya saya sudah dua kali bertemu dengan Kusno, yang pertama pada tahun 2017 dan Alhamdulillah saya berhasil menang. Semua ini berkat doa orang tua," ujar Andika usai pertandingan.

Di hari pertama, Sabtu (2/11), empat kelas telah dipertandingkan masing-masing kelas Grego 60kg, 77kg & 97kg Putra dan Gaya Bebas 50kg Putri. Pada hari pertama itu sudah dipastikan 16 pegulat berhasil lolos ke PON Papua 2020, mereka semua berasal dari Jawa Timur empat pegulat, Kalimantan Timur empat pegulat, Jawa Barat tiga pegulat, Banten dua pegulat dan DKI Jaya serta Sumatera barat masing-masing satu pegulat.

Sayang, dihari pertama ini DKI Jakarta hanya meloloskan Andika Sulaiman saja. Sementara itu, pegulat Jatim dan Kaltim masih terlalu tangguh bagi lawan-lawannya, kedua daerah tersebut berhasil meloloskan empat pegulatnya ke PON 2020 diikuti oleh Jawa Barat yang meloloskan tiga pegulatnya, Banten meloloskan dua pegulatnya sementara Sumbar dan Kalsel meloloskan satu pegulat di hari pertama Kualifikasi PON 2020.

Di sisi lain, Ketua Penyelenggara, Steven Setiabudi Musa yang juga Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (Pengprov PGSI) DKI Jaya mengaku sangat senang dengan penampilan Andika. “Semoga saja apa yang diraih Andika Sulaiman bisa diikuti pegulat DKI Jakarta lainnya untuk tampil maksimal di ajang kualifikasi PON 2020 ini," tutur Steven.

Steven menambahkan usai menjalani Kejurnas dan Pra-PON para pegulat DKI Jaya yang berhasil lolos akan melakukan try-out ke Korea Selatan guna memperbaikin skill bertanding untuk menghadapi PON XX 2020 di Papua.

Berikut rincian daerah yang berhasil meloloskan pegulatnya:

Jawa Timur empat pegulat,
Kalimantan Timur empat pegulat,
Jawa Barat tiga pegulat,
Banten dua pegulat,
DKI Jaya satu pegulat,
Kalimantan Selatan satu pegulat
Sumatera barat satu pegulat