JAKARTA - Semua jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) DKI Jakarta mengikuti pelepasan Djarot Saiful Hidayat di Balaikota, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Minggu (15/10/2017). Ada banyak hal yang melekat pada Kepala Dinas maupun Wali Kota selama menjadi bawahannya Djarot.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Koesmedi Priharto menyebutkan kepemimpinan Djarot sebagai Gubernur sangat bijaksana. Ia menyebutkan setiap pemimpin dari mulai Jokowi, Ahok, maupun Djarot memiliki ciri khas sendiri-sendiri.

"Setiap pemimpin punya ciri khas sendiri, ada yang mungkin memimpin dengan kebijakan dengan gaya lembut ada yang keras ada uang militer dan sebagainya," kata Koesmedi saat ditemui di Balai Kota, Jakarta Pusat, Minggu (15/10/2017).

"Pak Djarot bijaksana menyelesaikan masalah yang selama ini sulit diselesaikan. Pelan-pelan diurai, kemudian jadi mudah diselesaikan," lanjutnya.

Koesmedi menyebutkan, sebagai anak buah mesti dapat menyesuaikan diri. Sikap sebagai bawahan juga harus sesuai dengan pemimpin.

"Kala pemimpin kita gini, ya kita ikuti cara beliau. Beliau memimpin harus perfect, kita orangnya lemah lembut tentu pimpinan tidak cocok kan bagi kita. Anak buah harus fleksibel," ujarnya.

Ia mengharapkan supaya Gubernur DKI yang baru dapat menilai kemampuan bawahan dengan baik. Ia juga menyebutkan supaya mengoreksi tugas bawahan bila kurang memuaskan.

"Ya tentunya Gubernur baru kan bisa menilai kinerja kita. Kita siap koreksi kalau kita kurang memuaskan," tuturnya.

Disamping itu, Wali Kota Jakarta Pusat, Mangara Pardede menyebutkan sosok Djarot senantiasa mengutamakan kebersamaan. Ia juga apresiasi sikap Djarot yang selalu bersikap sejuk dengan ketegasannya.

"Beliau itu selalu menekankan kebersamaan, juga selalu menekankan bahwa Jakarta ini, mari kita persembahkan bagi semua tanpa diskriminasi. Yang tidak bisa kita lupakan beliau sangat sejuk, tapi bisa menyampaikan ketegasan dalam kesejukan," ucap Mangara saat ditemui di tempat berbeda.

Mangara juga menyebutkan selamat datang untuk Gubernur DKI yang baru yaitu pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Ia menyebutkan jajaran DKI loyalitas dengan tegak lurus pada Gubernur baru.

"Selamat datang Gubernur baru, kami siap mendukung sepenuhnya. Pesannya pak Djarot, jajaran DKI loyalitasnya tegak lurus kepada gubernur baru nanti," imbuh Mangara.