JAKARTA-Wacana penggratisan masuk Pantai Ancol tengah dilakukan pengkajian usai Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat minta warga Jakarta bisa menikmati tempat rekreasi secara gratis. Namun rupanya tidak bisa seluruh warga Jakarta yang bisa menikmati, pasalnya Djarot mengusulkan pada PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk yang gratis hanya pemilik Kartu Jakarta Pintar (KJP).

"Saya sampaikan kebijakan uji coba dulu untuk penerima KJP, nanti usulan itu akan dikaji dulu oleh pak Dirut PT Ancol," ujar Djarot di Pantai Ancol Barat, Jakarta, Kamis (12/10/2017). Sebelumnya Djarot sudah minta pihak Ancol bisa memberlakukan itu pada tanggal 14 Oktober 2017, tapi tertunda lantaran pihak Ancol mengaku masih harus melakukan kajian.

"Saya minta Tanggal 14 Oktober ini gimana, katanya Dirut belum siap. Ini butuh waktu seminggu, saya minta Ancol kerja sama Bank DKI untuk uji coba gratis karena sasaran kita itu masyarakat yang enggak mampu bisa gratis," ujar Djarot.

Pihak Ancol sendiri beralasan, hal itu dilakukan karena Pantai Ancol tidak bisa menampung warga Jakarta sekaligus banyak. Selain itu, sembari menunggu kajian, pihak Ancol harus berbenah khususnya pada ruang publik seperti yang sering diadakan acara, sehingga warga Jakarta bisa rekreasi dan menikmati acara.

"Kita uji coba dulu kalau semua gratis dampaknya bisa terdapat lautan manusia, makanya nanti uji coba dulu termasuk metertibannya," ungkap Djarot.