BREAKINGNEWS.CO.ID - Atlet berkuda Muhammad Akbar Kurniawan atau yang lebih akrab disapa Aan baru saja diterima Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kantornya, Selasa (14/5/2019). Pada kesempatan itu Aan menyampaikan keinginannya untuk tampil di Olimpiade.

Kedatangan Aan ke kantor gubernur, bertujuan untuk melaporkan prestasinya sebagai juara seri kejuaraan dunia Longines Hong Kong Masters pada 15 – 17 Februari lalu. Sebelum bertemu gubernur Anies Baswedan, terlebih dulu Aan diterima Kabiro Dikmental DKI Jakarta Hendra Hidayat.

Hadir pula pada kesempatan itu Kadispora DKI Achmad Firdaus, Ketua Umum KONI DKI Djamhuron P Wibowo didampingi Wakil Ketua Umum Hidayat Humaid dan Didi O Affandi, serta beberapa pengurus lainnya. Sementara Aan sendiri ditemani kedua orangtuanya Fatchul Anas dan Ernawati Yuhana serta kakak kandungnya Shalma Kurnia Wulandari yang merangkap jadi manajer Aan.

Aan mencatat prestasi spektakuler di Hong Kong dalam usianya yang relative masih muda, 14 tahun. Pada ajang kelas jumping junior tersebut, Aan bersaing dengan atlet tuan rumah yang sudah tampil di Youth Olympic, atlet Taiwan, dan Thailand yang usianya lebih tua darinya.

Dalam pertemuan tersebut, Aan mohon doa restu dari pemerintah DKI Jakarta agar cita-citanya untuk tampil di olimpiade tercapai. Karenanya, ia kini mempersiapkan diri secara baik dengan berlatih keras di bawah pengawasan orangtuanya yang juga pengurus Pordasi DKI Jakarta.

“Saya minta doanya supaya berprestasi terus dan tampil di Olimpiade,” kata Aan malu-malu.

Impiannya tampil di Olimpiade karena ia ingin Merah Putih berkibar di arena olahraga empat tahunan yang paling bergengsi tersebut. Selama ini, prestasi olahraga berkuda Indonesia di kancah pesta olahraga multi event baru medali perunggu Asian Games yang disumbangkan oleh Larasati Gading.

Sebelum menjuarai seri kejuaraan dunia di Hong Kong, Aan juga meraih prestasi sebagai juara di 3rd AEF Junior Jumping Championship di Taiwan pada 9 – 12 November 2018 dan juara CSIJB Princes Cup Thailand 19 – 21 November 2018.

Pada 28 Februari – 3 Maret lalu Aan mengikuti FEI Jumping Challenge seri 1 di Jakarta dan menjadi juara pertama. Bila menang lagi pada seri 2 di Jakarta pada 2 Juni mendatang, maka Aan akan menjadi wakil Asia untuk kejuaraan Dunia yang akan berlangsung di Amerika Serikat.

“Cukup memenangkan satu seri lagi maka Aan akan menjadi wakil Asia di Kejuaraan Dunia di Amerika Serikat. Mohon doanya semoga berhasil,” kata ayahanda Aan, Fatchul Anas.

Sementara itu Gubernur Anies Baswedan memberi semangat kepada Aan agar terus berlatih hingga mencapai prestasi tertinggi di dunia olahraga berkuda. Bahkan Anies sempat heran melihat Aan yang masih berusia 15 tahun saat ini tingginya sudah sama dengan tinggi badan gubernur.

“Ini prestasi yang luar biasa. Pada usia 15 tahun sudah menjuarai event internasional dan bersaing dengan atlet-atlet yang lebih tua usianya dari Aan. Pertahankan itu, mudah-mudahan impian untuk tampil di Olimpiade tercapai,” kata Anies.