JAKARTA---Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Pol Suwondo Nainggolan nyatakan mantan anggota Komisi III Fraksi PAN Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI periode 2004-2009, Arbab Paproeka saat ini resmi berstatus tersangka. "Kami amankan 0,8 gram sabu (saat tangkap Arbab)," ujar Kombes Pol Suwondo Nainggolan ketika dihubungi wartawan, Senin (16/4/2018).

Di tempat terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, saat ini polisi masih memeriksa tersangka dan belum menentukan apakah tersangka akan menjalani rehabilitasi atau ditahan. "Lagi diperiksa. Masih tunggu hasil gelar untuk tindak lanjut," ucap Argo.

AP, pria asal Ambon ini ditangkap pada Jumat (13/4/2018) di kawasan Jakarta Pusat, tepatnya di Apartemen D Mantion Tower Capilano, Kemayoran. Di lokasi penangkapan AP, polisi mengamankan barang bukti berupa satu plastik klip berisi narkotika jenis sabu. "Kami temukan juga satu set alat hisap sabu atau bong, enam korek api, dan empat buah sedotan," kata Suwondo.

Nama Arbab Papoerka sempat mencuat di pertengahan tahun 2017. Saat itu Arbab dianggap sebagai saksi kunci dalam kasus dugaan suap sengketa Pilkada Buton di Mahkamah Kostitusi (MK) yang melibatkan mantan Ketua MK Akil Mochtar dan Bupati Buton non aktif Samsu Umar Abdul Samiun.