JAKARTA-Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah kembali membuka Jalan Jati Baru usai adanya kesepakatan antara perwakilan sopir angkutan umum jurusan Tanah Abang. Sebelumnya jalur tersebut ditutup dan hanya boleh dilintasi Transjakarta Tanah Abang Explorer dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Meskipun sudah dibuka kembali, tidak semua kendaraan diizinkan melintasi jalur tersebut hanya Transjakarta Tanah Abang Explorer dan angkot jurusan M03, M08 dan M10. "Itu yang boleh lewat hanya untuk kendaraan umum. Kendaraan pibadi enggak boleh. Motor enggak boleh," kata Andri saat dihubungi, Jakarta, Sabtu (3/2/2018).

Meskipun angkot sudah bisa melintas di jalur tersebut, Andri menegaskan sopir angkot tidak boleh ngetem terlau lama. Hal itu dilakukan supaya tidak ada penumpukan kendaraan.

"Kita sudah mengatur untuk pengeteman paling banyak 15 mobil itu di stasiun Tanah Abang lama maupun Jatibaru Bengkel," ucap Andri. 

Andri menuturkan, kelonggaran yang diberikan ini adalah salah satu hasil kesepakatan yang diambil dari pertemuannya dengan perwakilan supir angkot beberapa hari ini. Ia pun berharap, pengahsilan supir angkot yang sempat menurun hingga 60 persen bisa meningkat kembali.

"Jadi kekhawatiran mereka yang tak bisa ambil penumpang di Stasiun Tanah Abang lama dan Jatibaru Bengkel sudah terakomodasi," tuturnya.