BREAKINGNEWS.CO.ID-Selain pada sejumlah ruas jalanan, Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta juga akan menyiagakan pompa air dibeberapa proyek pembangunan seperti light rail transit (LRT), mass rapid transit (MRT) dan tol. Tidak hanya pompa tapi ada petugas yang mengawasi dan memastikan pompa berjalan dengan baik.

“Utamanya yang ada pembangunan LRT, MRT ruas jalan tol dan tol becakayu termasuk mensiagakan pompa mobile dilokasi,” kata Kepala Dinas SDA DKI Teguh Hendrawan melalui pesan singkat, Jakarta, Jumat (1/2/2019).

Teguh memastikan dengan pemasangan pompa air pada titik-titik yang dikhawatirkan menimbulkan genangan akan berdampak baik. Pengguna jalan tidak perlu menunggu air surut dengan sendirinya yang menghabiskan waktu lama karena dengan pompa tidak lebih dari tiga jam sudah surut.

“Bahwa penanganan banjir genangan DKI jauh lebih baik dibanding tahun sebelumnya dan genangan itupun tidak sampai berhari-hari, maksimal hanya dua sampai dengan tiga jam,” terang dia.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan memastikan ada sebanyak 450 pompa berstatus kondisi siaga menghadapi banjir kiriman dari Bendungan Katulampa, Bogor, Jawa Barat.

Pompa-pompa tersebut akan diletakkan pada daerah yang diprediksi akan menerima air kiriman tersebut yakni Cililitan, Bukit Duri, Cawang, Bidara Cina, Kampung Melayu, Srengseng Sawah, Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Pejaten Timur, Kebon Baru, Bukit Duri dan Balaikambang.

"Seluruh pompa kita lebih dari 450 pompa dalam kondisi siaga dan lebih dari 30 mobil pompa yang bisa bergerak leluasa saat ini di posisikan stand by di titik-titik tersebut," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (5/2/2018).