BREAKINGNEWS.CO.ID - Kepengurusan Badan Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia (BLiSPI) Jakarta dalam waktu dekat akan terbentuk. Hal tersebut menjadi kabar baik bagi komunitas sepak bola usia muda Jakarta.

Salah satu tokoh muda yang memiliki perhatian besar pada perkembangan olahraga khususnya sepakbola usia muda, Guruh Tirta Lunggana, menyambut baik tawaran dari Ketua Umum Badan Liga Sepakbola Pelajar Indonesia (BLiSPI), Subagja Suihan untuk memimpin BLiSPI DKI Jakarta.

Tawaran tersebut disampaikan Subagja saat menyambangi kediaman Guruh Tirta Lunggana di Jakarta, Jumat (5/7/2019), malam. Dalam pertemuan yang berlangsung dalam suasana rileks dan penuh kekeluargaan tersebut, Subagja Suihan yang tak lain adalah ayah angkat dari pemain muda berbakat yang saat ini berkiprah di Liga Polandia, Egy Maulana Vikri menceritakan sejarah berdirinya BLiSPI yang mendapatkan dukungan dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Subagja juga menjelaskan secara rinci program pembinaan yang sudah dan sedang dijalankan oleh BLiSPI antara lain menggelar Liga Sepakbola Pelajar U-14 Piala Menpora dan membentuk Timnas Pelajar U-15 yang secara rutin setiap tahun dikirim guna mengikuti kejuaraan sepakbola usia muda internasional di luar negeri.

"Intinya saya tertarik dengan apa yang ditawarkan oleh Pak Bagja untuk memimpin BLiSPI DKI Jakarta. Apalagi di DKI ini, banyak pemain-pemain muda potensial yang bisa menjadi prioritas," kata Guruh Tirta Lunggana.

"Saya akan mengajak komunitas sepakbola usia muda yang ada di Jakarta untuk bersama-sama mengembangkan dan meningkatkan kualitas pembinaan sepakbola usia muda di DKI. Agar DKI sebagai ibukota bisa menjadi role model (contoh) bagi seluruh daerah di Indonesia," imbuh pemilik klub futsal Halus FC, salah satu kontestan Liga Futsal Profesional Indonesia.

Menurut Tirta, sejatinya terbuka kesempatan yang sangat besar bagi pemain-pemain sepakbola usia muda tingkat pelajar di Indonesia dan DKI Jakarta untuk mengembangkan bakatnya. Hanya saja dukungan pembinaan untuk memaksimalkan potensi yang ada masih kurang.

"Saya setuju dengan Pak Bagja, para pelajar usia muda tingkat pelajar memang usia produktif. Bagus untuk pembinaan. Karena itu sekali lagi saya katakan, saya sangat tertarik dengan tawaran dari Pak Bagja untuk memimpin BLiSPI DKI Jakarta. Karena visinya sama yaitu pembinaan," ujar politisi muda dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang terpilih sebagai anggota DPRD DKI Jakarta, 2019-2024 ini.

"Kalau dikelola dengan serius, Insya Allah hasilnya baik," tandasnya.

Tirta yang tak lain adalah anak dari tokoh masyarakat Abraham Lunggana atau Haji Lulung berharap Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan perhatian dan dukungan kepada pembinaan sepakbola usia muda.

"Pembinaan sepakbola usia muda di Jakarta butuh perhatian dan dukungan dari Pemprov DKI. Terutama dalam menyediakan sarana dan prasarana. Jangan dibiarkan. Kita banyak kok lapangan-lapangan yang layak. Kenapa dibiarkan? Ke depan soal dukungan sarana-prasarana yang dibutuhkan untuk menopang pembinaan sepakbola usia muda di Jakarta harus menjadi perhatian serius bagi Pemprov DKI," pungkasnya.

Figur Yang Tepat

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum BLiSPI Pusat, Subagja Suihan menyambut gembira kesiapan Guruh Tirta Lunggana untuk memimpin BLiSPI DKI Jakarta. Subagja optimis di bawah kepemimpinan Tirta, pembinaan sepakbola usia muda di ibukota akan berkembang dan maju.

"Pak Tirta adalah figur yang tepat untuk memimpin BLiSPI DKI. Dia punya komitmen dan perhatian yang luar biasa untuk memajukan olahraga. Terbukti dia berperan aktif dalam pembinaan futsal dengan mendirikan klub yang berkiprah di liga profesional," kata Subagja.

"Dengan komitmen dan pengalaman yang dimilikinya dalam mengelola klub futsal profesional, saya optimis di bawah kepemimpinan Pak Tirta, BLiSPI DKI Jakarta akan mampu menjalankan pembinaan sepakbola usia muda yang baik, profesional dan modern. Mengorbitkan pemain-pemain muda dari daerahnya menjadi pemain Timnas PSSI dan Timnas Pelajar U15 Kemenpora," pungkas pria yang dua kali berturut-turut mendapat penghargaan sebagai Pembina Sepakbola Usia Terbaik Indonesia 2017 dan 2018 dari SIWO PWI Pusat ini.