BREAKINGNEWS.CO.ID-Gedung Kejaksaan Agung tampak beda dari seperti biasanya pada Selasa 27 November 2018. Mantan Jaksa Agung Basrief Arief, mantan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus M Ramlan dan mantan Jaksa Agung Muda Bidang Pembinaan Suyoto turun gunung berkunjung ke institusi yang membesarkan nama mereka.

Namun siapa sangka, bukannya menemui Jaksa Agung M Prasetyo, ketiganya justru menjenguk jaksa senior Chuck Suryosumpeno di Rumah Tahanan cabang Salemba di Kejagung.

Direktur Eksekutif Lokataru, Haris Azhar pun mengomentari kunjungan nostalgia antara anak buah dan mantan pimpinannya tersebut. "Momen ini membuktikan Chuck memang disayangi oleh para mantan pimpinannya," kata Haris di Jakarta, Selasa 27 November 2018.

Haris pun mengungkapkan, sebelum pertemuan tersebut diketahui para mantan pimpinan tertinggi Kejaksaan itu telah berdiskusi dan membedah kasus yang dihadapi Chuck. "Hasilnya membuat mereka kaget karena sama sekali tidak ada unsur yang bisa menyeret Chuck ke ranah pidana," kata dia.

Bahkan, kata Haris, mereka menilai kejadian ini merupakan preseden terburuk dalam sejarah Kejaksaan yang tidak boleh terulang lagi di masa depan.

Ia pun meyakini jika rezim Jaksa Agung M Prasetyo, mematikan kreatifitas para jaksa. "Alhasil telah terjadi demoralisasi di tubuh korps Adhyaksa. Para jaksa jadi takut melangkah dan menyuarakan kebenaran serta hanya membentuk generasi penjilat asal pimpinan senang saja,” tegasnya.