JAKARTA-Sekjend Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani menyarankan agar Amien Rais harus bijak dalam menyampaikan statemen, yang kemudian tidak menimbulkan kekacauan dan pecah belah antar anak bangsa. Hal tersebut diutarkan Arsul menanggapi pernyataan Amien yang membuat dikotomi antara Partai Allah dan Partai setan. 
 
"Memang kita mintalah kepada Pak Amien, di hari tua beliau itu supaya statmen-statmen beliau itu lebih bijak. Diksi-diksi yang dipilih dipergunakan itu tidak kemudian malah menimbulkan keterpecahbelahan antara warga kita, antara anak-anak bangsa itu sendiri," ujar Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (16/4/2018).
 
Dikatakan Arsul, statement Amien Rais itu lebih pada merangsang orang lain untuk berpikir dan terjadi pertengkaran antara satu sama yang lain. "Sebab setiap statementnya yang seperti itu maka saya kira, itu statmen yang bukan kemudian apa menjadi produktif, bukan kemudian menciptakan atau merangsang kita untuk berpikir. Tapi merangsang untuk bertengkar satu sama lain. Itu saya kira," ucap Arsul.
 
Anggota Komisi III DPR RI itu mengakui, Amien Rais adalah sosok yang sangat kontroversial sejak 15 tahun terakhir, yang kemudian menimbulkan reaksi dari masyarakat. "Hanya kemudian apa karena ini yang menyampaikan Pak Amien, dan Pak Amien itu cenderung kontroversial di sepanjang waktu paling tidak dalam 10-15 tahun ini. Ya maka itu kemudian menimbulkan apa reaksi baru di masyarakat," jelasnya. 

Diberitakan sebelumnya, dalam sebuah ceramah di Jakarta, Amien mendikotomikan adanya partai setan dan partai Allah. Awalnya, dia mengajak semua pihak termasuk PAN, PKS, dan Gerindra bersama umat Islam berjuang bersama membela agama. Kemudian, dia menyebutkan, sebaliknya ada pula partai besar yang bergabung dengan partai setan. Namum, saat dikonfirmasi partai mana yang dimaksud partai setan, dia enggan menjawab.