BREAKINGNEWS.CO.ID - Mentimun mungkin menjadi salah satu sayuran yang sudah umum dikonsumsi. Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di pasar dengan harga murah. Namun sayangnya, belum banyak yang tahu apa saja manfaat kesehatan yang disembunyikan sayur berkulit hijau ini.

Selain dijadikan sebagai bahan untuk menjaga kecantikan kulit, minum air mentimun ternyata juga memiliki kegunaan lain. Bahkan banyak yang percaya jika minum air mentimun akan membuat kalian tampil lebih cantik.

Mentimun memang kaya akan vitamin B, potasium, magnesium dan juga antioksidan. Sehingga buah berwarna hijau ini sangat baik dikonsumsi bagi tubuh.

Bukan hanya bisa menjadi makanan tambahan yang menjaga tubuh dari dehidrasi, mentimun juga menjadi salah satu makanan yang efektif membantu menurunkan berat badan

Berikut manfaat minum air mentimun yang bisa didapatkan jika kita rutin melakukannya.

1. Mencegah Kanker

Senyawa cucurbitasins dan nutrisi yang disebut lignans berperan untuk melawan sel-sel kanker seperti, kanker payudara, kanker prostat, kanker ovarium dan kanker rahim.

2. Menurunkan Berat Badan

Air mentimun rendah kalori dan tinggi serat. Ini membuat air ini menjadi tambahan yang bagus untuk diet selama penurunan berat badan karena membantu menjauhkan dari rasa lapar yang terus-menerus.

3. Menyehatkan Tulang

Mentimun tinggi kandungan vitamin K yang diperlukan untuk membantu membentuk protein yang dibutuhkan untuk membuat tulang dan jaringan yang sehat serta untuk membantu bekuan darah  dengan benar.

4. Mencerdaskan Otak

Air mentimun memiliki kandungan flavonol anti-inflamasi yang membantu memperbaiki fungsi otak dan memori. Ini membuat otak lebih sehat dan lebih muda.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Mentimun kaya akan nutrisi yang baik bagi sistem pencernaan terutama usus halus dan usus besar. Jika ingin memiliki sistem pencernaan yang lancar usahakan untuk mengkonsumsi air mentimun setiap hari.

6. Menjaga Kesehatan Otot

Hal ini diperlukan untuk menjaga kesehatan otot ketika mulai menua . Kandungan silika dalam mentimun tidak hanya bagus untuk kulit  tapi juga membantu kesehatan jaringan otot. Dengan minum air mentimun setiap hari akan membantu dalam pemulihan otot, hidrasi setelah berolahraga dan kesehatan fisik secara keseluruhan.