BREAKINGNEWS.CO.ID – Stiker WhatsApp untuk perangkat Android dan iOS resmi diluncurkan pada akhir bulan lalu. Sejak diluncurkan, stiker ini pun menjadi cukup populer bagi para pengguna WhatsApp. Namun kabar terbaru berhembus jika Apple telah menghapus semua aplikasi stiker WhatsApp dari App Store karena dianggap melanggar pedoman mereka.

Disebutkan, jika aplikasi terbaru ini membutuhkan WhatsApp untuk diinstal, sehingga ini salah satu alasan karena aplikasi tidak memerlukan aplikasi lain. Hal itu juga membuat aplikasi yang dipakai menjadi terlalu banyak dalam smartphone.

Seperti dikutip dari The Verge, WhatsApp sebelumnya telah menambah dukungan untuk paket stiker dari aplikasi pihak ketiga. Menurut situs WABeta Apple mengungkapkan jika beberapa alasan utama untuk langkah penghapusan tersebut.

Apple sendiri telah memberikan tiga alasan mengapa aplikasi tersebut melanggar aturannya dan harus dihapus dari platform mereka. Pertama, karena terlalu banyak aplikasi dengan perilaku yang serupa.

Kedua, adalah aplikasi stiker tersebut membutuhkan aplikasi WhatsApp untuk bisa diunduh dan digunakan. Sedangkan menurut Apple, aplikasi tidak boleh membutuhkan aplikasi lain untuk mejalankannya. Dan yang terakhir, menurut Apple semua aplikasi ini memiliki desain yang sama.

Karena Apple tidak ingin App Store dibanjiri dengan banyak aplikasi dengan kegunaan yang sama, mereka juga tidak akan menerima pengajuan dari aplikasi stiker baru.

Sementara itu, cara WhatsApp yang menyediakan pak stikernya lewat App Store dan Play Store memang berbeda dengan kompetitornya. Contohnya Telegram dan Line yang menyediakan pak stiker di platform mereka sendiri sehingga tidak perlu mengunduh aplikasi lainnya.

Paket stiker di WhatsApp juga bekerja offline. Akan tetapi, para penggunanya membutuhkan koneksi internet aktif saat mengunduh paket stiker. Setelah diunduh, stiker dari paket juga dapat digunakan secara offline.

Sebelumnya, WhatsApp sendiri telah meluncurkan fitur dengan 12 paket stiker termasuk Cuppy oleh Minseung Song, Bibimbap Friends oleh Pete Ellison, Biscuit oleh Ghostbot, dll. Pengguna juga memiliki pilihan untuk menandai stiker sebagai favoritnya.