BOGOR - Pada hari pertama puasa di bulan suci Ramadhan 1439 H, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun tak lupa mengucapkan selamat berpuasa kepada seluruh umat Muslim di Indonesia. Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga mengajak masyarakat untuk menjaga toleransi di bulan penuh kesucian tersebut. Ia juga berharap jika pada hari pertama puasa ini, ibadah puasa agar sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW.

"Saya mengajak kita semua untuk menjaga toleransi, mengedepankan kerukunan, menjaga persaudaraan, menjaga ukhuwah Islamiyah kita, menjaga ukhuwah wathaniyah kita," ujarnya, Kamis (17/5/2018). "Mari kita menjalankan ibadah puasa ini dengan hati yang damai, hati yang bersih serta saling menghormati di antara kita agar makna ibadah puasa yang diajarkan oleh Rasulullah dapat kita sikapi dan jalankan dengan penuh keikhlasan," ucapnya.

Jokowi sudah memerintahkan TNI, Polri dan BIN untuk menjaga keamanan selama Ramadhan. Presiden ingin umat Muslim dapat menjlanai puasa dengan aman. "Saya sudah perintahkan kepada Kapolri, Panglima dan KaBIN untuk terus menjaga, mengendalikan keamanan, dan mengedepankan semangat persaudaraan dan kerukunan sosial kita karena besok kita segera menyongsong pelaksanaan ibadah puasa," ujarnya, Rabu (16/5/2018). "Sehingga kita harapkan umat Islam bisa menunaikan ibadah puasanya dengan rasa aman dan penuh kedamaian," kata Jokowi.