ASMAT - Ada hal menarik dari kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke kabupaten Asmat, Papua. Usai meninjau pembangunan 1.000 rumah untuk masyarakat Asmat, tiba-tiba langkah Presiden terhenti. Lalu menghampiri seorang Ibu yang tengah mengendong anaknya yang masih kecil. Presiden lantas tersenyum lebar setelah mengetahui jika anak tersebut bernama 'Jokowi'. Momen itu terjadi ketika Jokowi blusukan di Kampung Kayeh, Kota Agats, Kabupaten Asmat pada Kamis (12/4/2018). "Ini namanya siapa?" tanya Jokowi kepada ibu tersebut. "Ini Jokowi, Bapa," jawab ibu tersebut. Kemudian presiden pun mengatakan kepada wartawan serta rombongan jika anak tersebut bernama Jokowi. "Ini namanya Jokowi," katanya. Ia pun kemudian mengusap kepala anak tersebut. "Mirip saya ya nanti," ucapnya. Presiden pun lalu mengendong Jokowi. Tak hanya menggendong Jokowi junior, Presiden juga menggendong salah seorang anak yang berada di tempat yang sama sambil menikmati tarian dan nyanyian warga. "Ayo nyanyi lagi," lanjut Jokowi sambil kedua tangannya masih menggendong dua orang anak.

Setelah menikmati tarian dan nyanyian dari warga yang hadir, Presiden pun mengembalikan kedua anak tersebut ke orangtua mereka masing-masing. "Ini tadi yang Jokowi mana, ya?" tanya Presiden. "Yang ini Bapa," kata Ibu Jokowi junior menunjuk anaknya yang mengenakan baju biru. "Oh iya, saya jadi lupa," lanjut dia.

Belakangan, ia baru mengetahui alasan mengapa ibu tersebut menamai anaknya Jokowi. "Karena Jokowi itu ternyata lahirnya pas saya dilantik (jadi Presiden),"ujar Jokowi. Jokowi dan Iriana beserta rombongankemudian melanjutkan perjalanannya.