BREAKINGNEWS.CO.ID - Menjadi seorang artis tentu tidak pernah terlepas dari sorotan publik. Menjadi artis tidak berarti membatasi diri mereka untuk mahir hanya dalam berakting atau bernyanyi. Namun siapa sangka, dibalik kemampuannya. Beberapa artis dibawah ini pernah menjadi atlet profesional dan mengharumkan nama Indonesia.

Deretan selebritas ini lebih dikenal sebagai atlet profesional sebelum kini menjadi aktor, model, presenter atau bintang sinetron terkenal.

1. Joe Taslim - Judo

Joe Taslim.


Selain aktif mengiasi layar kaca, aktor laga Joe Taslim dikenal sebagai atlet judo profesional. Ia merupakan anggota nasional tim judo Indonesia sejak tahun 1997 hingga 2009. Bahkan bintang film The Raid ini pernah menyumbangkan medali perak untuk Indonesia di ajang SEA Games 2007 dan medali mas di ajang South East Asia Judo Championship di Singapura tahun 1999.

Sayang, cedera serius membuat Joe memutuskan untuk pensiun sebagai atlet. Pria asal Palembang ini memang telah mempelajari seni bela diri sejak kecil, ia juga menguasai judo, wushu, pencak silat dan taekwondo. Kini Joe Taslim telahb mengukuhkan namanya sebagai salah satu aktor laga Indonesia, ia pun sempat mendapatkan satu peran di film Hollywood Fast and Furious 6 dan Star Trek Beyond.

2. Tya Ariestya - Taekwondo

Tya Ariestya.


Sebelum terjun ke dunia hiburan tanah air, artis cantik Tya Ariestya dikenal  sebagai atlet taekwondo. Bisa dikatakan olahraga ini memang sedikit ekstrim untuk perempuan, namun hal tersebut nampaknya tidak menyurutkan niat Tya untuk mengeluti olahraga tersebut.

Terbukti dirinya pernah ikut Indonesia Open ajang internasional dan telah meraih 8 medali emas, 3 perak dan 1 perunggu untuk tingkat nasional. Tya memang telah menekuni ilmu bela diri taekwondo sejak usia 12 tahun dan berhenti saat berusia 17 tahun. Kecintaan dan prestasinya di dunia taekwondo membuatnya pernah dipercaya sebagai Duta Taekwondo Indonesia tahun 2012 hingga 2013.

3. Olivia Zalianty - Wushu

Olivia Zalianty.


Selain cantik, ternyata artis Olivia Zalianty telah mengukir prestasi di kejuaran wushu. Sebenarnya wushu bukanlah dunia baru bagi Olivia. Dirinya memang telah menekuni wushu sekitar sepuluh tahun yang lalu dan baru aktif mengikuti berbagai pertandingan sekitar 7 tahun belakangan.

Bukan hanya sebagai hobi, Olivia telah beberapa kali mengharumkan nama Indonesia dengan mengikuti kejuaraan seni bela diri asal China tersebut. Diketahui Olivia pernah mengikuti kejuaraan wushu internasional di China, bahkan dirinya berhasil meraih banyak medali, mulai dari perunggu, perak hingga emas. Terakhir kali artis 36 tahun itu mengikuti Wushu Tradisional kejuaraan Road to Asian Games 2018 dan berhasil meraih medali emas.

4. Denny Sumargo - Basket

Denny Sumargo.


Nama Denny Sumargo tentu tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Aktor dan presenter 36 tahun itu memang telah mencuri banyak perhatian publik bahkan sejak masih aktif sebagai pemain basket. Pada tahun 2000, Denny pindah ke Jakarta dan langsung bergabung dengan klub Aspac Jakarta.

Pria yang akrab dipanggil Densu ini berhasil menjuarai liga basket nomor satu yaitu IBL (Indonesian Basketball League) dan KOBATAMA di tahun 2000 hingga 2003. Selain masuk klub Aspac, Densu juga pernah bergabung dengan Satria Muda Britama. Karirnya basketnya semakin cemerlang dengan sederet penghargaan individu yang ia raih, seperti  Rookie of the year 2001 dan 1st Slam dunk contest 2003.

Pria kelahiran Makasar ini juga pernah masuk tim basket nasional tahun 2001, 2003, 2007, dan masuk dalam MVP IBL 2008. Walau banyak yang mengatakan Densu meninggalkan dunia basket karena dinilai tidak menjanjikan, tapi Densu membantah dan mengatakan kalau dirinya hanya ingin berkarya di bidang lain. Kini denny Sumargo lebih dikenal sebagai presenter acara populer, My Trip My Adventure dan aktor film. Sederet film telah ia bintangi, seperti 5 CM dan Kartini.

5. Iko Uwais - Pencak Silat

Iko Uwais.


Nama Iko Uwais tentu tidak asing lagi di telinga pecinta film bukan hanya Indonesia tapi juga luar negeri. Pasalnya, baru-baru suami penyanyi Audy Item ini diketahui telah terlibat dalam sebuah film Hollywood berjudul Mile 22. Aktor yang namanya melejit lewat perannya di film The Raid itu juga dikenal sebagai seorang atlet pencak silat. Dibesarkan di lingkungan Betawi membuat Iko jatuh cinta pada seni bela diri pencak silat.

Sejak usia 10 tahun ia telah berlatih di sebuah perguruan asuhan pamannya. Dirinya menekuni aliran seni Tiga Berantai. Iko juga telah meraih prestasi di dunia pencak silat. Pada tahun 2003 dirinya berhasil meraih peringkat tiga dalam turnamen pencak silat tingkat DKI Jakarta. Dan pada tahun 2005 ia pernah meraih gelar Penampilan Terbaik Kategori Dewasa Tunggal pada Festival Pencak Silat Cibubur.

Nyatanya kemahirannya dalam pencak silat memberinya kesempatan utnuk bepergian ke luar negeri dalam beberapa kompetisi pencak silat internasional di Rusia, Inggris, Prancis dan Kamboja. Bahkan berkat ilmu bela diri itu dirinya memiliki kesempatan untuk bermain di film-film Hollywood.


6. Hannah Al Rasyid - Pencak Silat

Hannah Al Rasyid.

Selain aktor Iko Uwais, salah satu aktris wanita yang pernah menjadi atlet adalah Hannah Al Rasyid. Sebelum menekuni dunia seni peran, artis peran berambut panjang ini rupanya adalah seorang atlet pencak silat. Kerasnya hidup di London juga mendorong mengikuti olahraga bela diri, sampai terpilih masuk tim nasional pencak silat Inggris.


Ayahnya memang pendekar pencak silat dari Bugis-Makassar Gerak Ilham. Bela diri pencak silat yang ditekuninya bahkan membawanya masuk tim nasional pencak silat Inggris dan mewakili mereka ke kompetisi internasional.

7. Prisia Nasution - Pencak Silat

Prisia Nasution.

Satu lagi artis yang menggeluti olahraga pencaksilat, pemain sinetron Prisia Nasution merupakan atlet bela diri pencak silat sejak dirinya duduk di bangku SMP.

Kala itu, dirinya bergabung dengan kamp pelatihan nasional untuk seni bela diri Indonesia pencak silat. Prisia dulu aktif mengikuti kompetisi nasional serta Pekan Olahraga Daerah (Porda), terakhir kali dirinya mengikuti Porda pada tahun 2007.

Setelah itu, dirinya lebih sering menggunakan bakat silatnya demi kepentingan bermain film.

8. Samuel Rizal - Basketball

Samuel Rizal.

Sebelum terkenal sebagai aktor, Samuel Rizal dulunya merupakan atlet basket yang mengawali karier di klub Satri Muda. Dirinya juga pernah mewakili Indonesia pada kejuaraan three on three di Taiwan.

Bahkan, dengan kemampuannya itu Samuel juga pernah menjadi anggota timnas junior Indonesia. Kariernya sebagai aktor dimulai kala dirinya ditawari untuk menjadi model yang membawanya masuk ke dunia akting.