BREAKINGMEWS.CO.ID-Manchester City menjamu Manchester United di matchweek-12 Premier League, Minggu (11/11/2018) malam mulai pukul 23:30 WIB di Stadion Ettihad, Manchester.

Kedua tim asal kota Manchester itu sama-sama raih kemenangan di Liga Champions tengah pekan ini. The Skyblues menang besar, 6-0, atas Shakhtar Donetsk di Etihad, sementara Manchester United menang 2-1 atas tuan rumah, Juventus, di Turin.

Namun, kedua tim lakoni musim yang berbeda di dalam negeri. Manchester City selaku juara bertahan Premier League, duduk di puncak klasemen setelah 11 pertandingan. Sementara Manchester United mendekam di posisi ke-7 setelah serangkaian penampilan yang sangat buruk.

The Citizens tak terkalahkan 11 kali, dan 10 kali menang. Mereka belum pernah kalah di Premier League musim ini, dan pastinya tak ingin menelan kekalahan pertamanya pada laga ini.

Di Etihad, Manchester City telah memenangkan enam laga liga kandangnya, dengan mencetak 24 gol. Namun mereka sadar, kekalahan terakhir mereka di liga terjadi melawan rival sekotanya itu, 2-3, April lalu.

Di sisi lain, Manchester United sekarang tak terkalahkan dalam empat pertandingan, memenangkan tiga laga di antaranya, dan mencetak sembilan gol.

Namun, The Red Devils sudah kebobolan 18 gol di liga dan tidak mampu meraih gawang bersih sejak September. Kemenangan 2-0 di Burnley menjadi satu-satunya laga tanpa kebobolan musim ini. Ini terasa suram, karena Manchester City sudah mencetak 33 gol dalam 11 laga liganya.

Namun, tim tamu sudah mencetak gol dalam semua laga mereka kecuali satu kali, dan mencetak 19 gol. Mengingat mereka telah mencetak gol dalam delapan dari 12 pertemuan terkininya lawan rival sekota mereka itu, kedua tim diyakini akan saling mencetak gol di pertandingan ini.

Head to to head kedua tim menunjukkan, Manchester United tercatat menang tiga kali, seri satu kali dan kalah dua kali dalam enam pertemuan teranyarnya lawan Manchester City.

Dari statistik, Manchester United kebobolan 18 gol dalam 11 laga liga teranyarnya.

Manchester City belum pernah kalah dalam 53 laga liga terkininya melawan tim di luar empat besar (W44-D9-L0), sejak kalah 0-4 di Everton pada Januari 2017.

Raheem Sterling belum berhasil mencetak gol melawan Manchester United di Liga Inggris, melepaskan 19 tembakan dalam 12 laga tanpa hasil. Dari semua pemain dengan setidaknya 50 gol Premier League, hanya Robbie Keane (22) yang bermain lebih banyak melawan Setan Merah tanpa berhasil mencetak gol.

Sergio Aguero mencatatkan 17 gol dan lima assist dalam 13 laga terbarunya di Etihad.

Sergio Aguero mencetak tujuh gol dalam tujuh laga liga pertamanya melawan Man Utd, tetapi gagal mencetak gol dalam tiga pertandingan terkininya.

Anthony Martial telah mencetak gol dalam empat laga liga terbarunya untuk Manchester  United. Ia bisa menjadi pemain ketujuh yang bikin gol dalam lima laga atau lebih berturut-turut untuk klub dalam kompetisi ini (Ruud van Nistelrooy, Wayne Rooney, Eric Cantona, Dwight Yorke, Cristiano Ronaldo dan Robin van Persie).

Ini akan menjadi pertemuan ke-22 antara bos Manchester City, Pep Guardiola, dan manajer Manchester United Jose Mourinho di semua kompetisi. Pelatih Spanyol itu menang sembilan kali, dan kalah lima kali (D7) dari 21 pertemuan sebelumnya. Dia hanya kalah lebih banyak pertandingan melawan Jurgen Klopp (7) daripada Mourinho (5) selama karir manajerialnya.

Pep Guardiola tidak pernah kalah laga liga kandang berturut-turut melawan satu tim sepanjang karir manajerialnya.