BREAKINGNEWS.CO.ID-Barcelona memukul tuan rumah Espanyol 4-0 di laga pekan ke-15 La Liga, Minggu (9/12/2018) dini hari WIB di RCDE Stadium, Cornella de Llobregat. Empat gol kemenangan La Blaugrana dicetak oleh Lionel Messi (17 & 65), Ousmane Dembele (26), dan Luis Suarez (45).

Barcelona mengukuhkan keperkasaannya di klasemen sementara La Liga dengan torehan 31 angka dari 15 laga, masih unggul tiga angka dari Sevilla dan Atletico Madrid.

Sukses  Barcelona dinilai mengejutkan walau tim Catalan punya selalu meraih hasil positif pada pertemuannya dengan Espanyol, termasuk saat menjadi tim tamu. Skuat asuhan Ernesto Valverde bermodalkan tiga kemenangan beruntun di semua kompetisi.

Dalam tiga laga tersebut, Barcelona mengalahkan PSV Eindhoven 2-1, Villarreal 2-0, dan Cultural Leonesa 4-1. Sedangkan Espanyol baru saja mengalahkan Cadiz di ajang Copa del Rey setelah takluk dalam tiga laga terakhir di La Liga.

Kendati demikian, sejak awal Valverde tak mau bersikap gegabah. Sebab, katanya, selama ini derbi Catalan kerap berjalan seimbang. "Ini derbi yang seimbang karena tidak ada jarak yang terlalu jauh di antara kami. Laga ini akan dimainkan dari hati dan sedikit dari kepala," ujar Valverde, sebelum pertandingan.

"Meskipun mereka kalah di kandang melawan Girona, Espanyol di luar itu berhasil memenangi lima laga kandang," Valverde mengingatkan. Hal ini mengacu pertemuan terakhir kedua tim yang berakhir imbang 1-1 di markas Espanyol

Valverde sebelumnya mendapatkan kabar baik karena Luis Suarez bisa kembali bermain. Striker asal Uruguay itu telah melewatkan tiga laga Barcelona saat meladeni PSV, Villarreal, dan Leonesa karena cedera.