BREAKINGNEWS.CO.ID - Uji coba operasi Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta secara resmi telah mulai dibuka hari ini. Moda transportasi ini melayani para penumpang dari Lebak Bulus, Jakarta Selatan hingga Buderan Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat. Sepanjang jalur tersebut juga terdapat 13 stasiun pemberhentian.

Adapun, total waktu yang ditempuh dari Bundaran HI ke Lebak Bulus atau sebaliknya hanya membutuhkan waktu 30 menit. Sedangkan di setiap stasiun, MRT Jakarta ini akan berhenti untuk menurunkan atau menaikkan penumpang dengan durasi 1 menit. Lalu jarak stasiun ke satsiun bervariasi dengan 1 menit hingga 3 menit.

Farhan, salah satu pengguna MRT Jakarta mengatakan bahwa ini merupakan pengalaman baru bagi dirinya. Yang menarik, kata Farhan, ini juga merupakan sensai batu melihat keindahan Ibu Kota dari ketinggian dan kecepatan MRT.

"Tentu mencoba kereta cepat bawah tanah di Ibu Kota Jakarta merupakan pengalaman baru. Ini juga menjadi sensasi berjalan di udara dengan pemandangan kota Jakarta," kata Farhan saat menaiki kereta tersebut, Selasa (12/3/2019).

Seperti diberitakan sebelumnya, PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta mulai melakukan uji coba publik kereta MRT Fase I lintas Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) yang berlangsung selama 13 hari, sejak 12 Maret ini hingga 24 Maret 2019 mendatang.

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William P Sabandar menuturkan kalau uji publik terbatas ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana antusias masyarakat terhadap moda transportasi MRT mengingat transportasi itu diharapkan bisa mengurangi angka kemacetan di Jakarta.

“Kita ingin mengetahui antusiasisme masyarakat seperti apa kemudian kita akan melihat bagaimana masyarakat melakukan ujicoba sekaligus kita melatih teman-teman kita ya insan MRT yang mulai mengelola MRT Jakarta ini,” tuturnya di Jakarta, Selasa (12/3).

Hingga saat ini penumpang uji publik terdaftar sebanyak 190.599 orang dari 285.600 orang yang ditargetkan. Waktu operasional akan dimulai dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB dengan membuka 13 stasiun. 

Pembangunan MRT tahap I rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia dilalui sebanyak tujuh stasiun dipermukaan tanah yakni Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, H Nawi, Blok A, Blok M, dan Sisingamangaraja. Sisanya, enam stasiun di bawah tanah atau subway terletak di Masjid Al-Azhar, Istora Senayan, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, dan Bundaran Hotel Indonesia.